PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PURWOASRI

RIZQI AYU RACHMANINGSIH, 12204193010 (2023) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PURWOASRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Match dengan Mind Mapping terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri” ini ditulis oleh Rizqi Ayu Rachmaningsih, NIM. 12204193010, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match dengan Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar Minat dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkannya model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai upaya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif dalah kolaborasi Make a Match dengan Mind Mapping. Model ini merupakan model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa secara aktif , kreatif dan menyenangkan dalam mempelajari materi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap minat belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri, (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol yang diambil dengan metode purposive sampling. Data penelitian ini berupa skor angket dan nilai hasil posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 25 item dan tes berbentuk essay sebanyak 4 soal, serta dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini adalah lembar angket dan lembar soal posttest. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua tahap, yakni uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis akhir menggunakan uji Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap minat belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri dengan signifikansi diperoleh sebesar 0,024 < 0,05 yang berarti ada pengaruh. (2) Ada pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri dengan signifikansi diperoleh sebesar 0,011 < 0,05 yang berarti ada pengaruh. (3) Ada pengaruh kolaborasi model pembelajaran make a match dengan mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwoasri dengan signifikansi diperoleh sebesar 0,011 < 0,05 yang berarti ada pengaruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193010 RIZQI AYU RACHMANINGSIH
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:33
Last Modified: 11 Oct 2023 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40953

Actions (login required)

View Item View Item