تعليم مهارة الكلام على أساس الوسيلة الاصطناعية في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية مدنية بليتار

SITI HALIMA AFNIATUS SA'DIA, 12202193122 (2023) تعليم مهارة الكلام على أساس الوسيلة الاصطناعية في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية مدنية بليتار. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Mahroh Kalam Berbasis Media Artificial di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Blitar” ini ditulis oleh Siti Halima Afniatus Sa’dia, NIM: 12202193122, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Tulungagung Tahun 2023, pembimbing: Dr. Ahmad Nurcholis, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, media artificial Latar Belakang: Pembelajaran bahasa arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah mengalami banyak masalah. Hal ini dikarenakan pembelajaran monoton, maka sangat penting adanya media buatan untuk memodifikasi pembelajaran. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Maharoh Kalam Berbasis Media Artificial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Blitar?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Maharoh Kalam Berbasis Media Artificial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Blitar?,3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Maharoh Kalam Berbasis Media Artificial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Blitar Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yakni penelitian yang memiliki tujuan untuk memahami fenomena yang ada pada objek secara alami dan dimasukkan dalam laporan atau deskripsi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran yang direncanakan ada enam tahap, yaitu: menyusun perangkat pembelajaran (program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kriteria Ketuntasan Minimal), Menentukan target yang harus dicapai siswa, Menetapkan strategi pembelajaran, Mempersiapkan media pembelajaran, Mengatur pengelolaan kelas, dan juga menyiapkan evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan ada tujuh langkah, diantaranya guru menyiapkan perangkat media dikelas (wifi dan televisi), guru membagi kelompok, guru menjelaskan materi dari video youtube arab podcast, murid mendiskusikan materi, perwakilan masing-masing kelompok presentasi, tanggapan dari kelompok lain dan masukan dari guru, dan langkah terakhir yaitu guru memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan diskusi. 3) Evaluasi pada pembelajaran maharah kalam dilaksanakan dengan berbagai model evaluasi. Diantaranya adalah tes formatif dan tes syafahi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193125 Rovina Damayanti
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:31
Last Modified: 13 Oct 2023 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41000

Actions (login required)

View Item View Item