UMI YUHAINA, 12405193325 (2023) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT MANGGALA JAYA GAS (MAYANGKARA GROUP) TULUNGAGUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung Perspektif Ekonomi Islam” yang ditulis oleh Umi Yuhaina, NIM 12405193325, pembimbing Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perkembangan zaman dan juga teknologi yang sekarang semakin maju menyebabkan kebutuhan warga ketika ini semakin meningkat. Kini warga tidak hanya memikirkan kebutuhan akan pakaian pangan dan papan saja, tetapi warga telah mulai memikirkan kebutuhan lainnya seperti gas lpg. Tanpa adanya konsumen perusahaan akan sulit berkembang dengan baik. Jika suatu perusahaan mampu mempertahankan pelanggannya, maka tercipta juga hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dalam dunia bisnis, tidak hanya mementingkan masalah menjual produk berkualitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun, ada juga proses komunikasi yang mengesankan pelanggan dan menjalin hubungan yang sangat diperlukan untuk menjaga kelanggengan hubungan bisnis bahkan meningkatkan keuntungan, baik sekuler atau spiritual, persaudaraan perusahaan dengan pelanggan akan terjalin. Seperti yang dilakukan PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulunggung pengiriman untuk setiap pangkalan sudah diatur distribusi dari perusahaan. Beberapa hari sebelum pengiriman sudah diinformasi oleh admin CRO kalau ada rencana pengiriman. Jika ada kendala terhadap jumlah pemesanan, dari pihak perusahaan bisa mengaturnya. Jadi tidak ada unsur tertutup atau paksaan yang merugikan semua pihak. Jadi yang dilakukan perusahaan ini tidak sembarangan tetapi juga sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Pada penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan Manager, karyawan dan pelanggan PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi memperoleh Pelanggan baru dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung yaitu calon pelanggan datang ke perusahaan. Dalam kegiatan perencanaan mendirikan usaha dimana survey lokasi tersebut kita dapat mengetahui letak keadaan tanah dan keadaan lingkungan dapat semaksimal mungkin untuk dapat merencanakan hal apa yang dapat kita kembangkan di daerah tersebut dengan mencari potensi yang dimilki. PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung juga ada program one village one outlet (ovoO). 2) Strategi meningkatkan hubungan dengan pelanggan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung yaitu dengan perbaikan layanan, tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk seperti mendistribusian sedemikian rupa dan diinformasikan kepelanggan. 3) Strategi mempertahankan pelanggan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung yaitu Penjadwalan perusahaan sangat transparan kepada pelanggan, meningkatkan kinerja para karyawan, mengirim tepat waktu, dan tetap berkomunikasi, dengan memberikan layanan pelanggan yang baik. 4) Implementasi Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada PT Manggala Jaya Gas (Mayangkara Group) Tulungagung Perspektif Ekonomi Islam yaitu komitmen terhadap pelanggan, pendistribusian dengan amanah, dari Produk yang merupakan sebuah kebutuhan bukan keinginan dari seorang juga dan kejujuran. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Sosial Ekonomi Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193325 UMI YUHAINA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 04:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41009 |
Actions (login required)
View Item |