PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016

ANA MARIA ULFA, 2814123004 (2016) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pengaruh Metode Discovery Learning Dengan Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Keliling Dan Luas Segiempat Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016” ini ditulis oleh Ana Maria Ulfa, NIM. 2814123004, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, Kuis, Segiempat Kebanyakan siswa terkesan tidak aktif dalam pembelajaran matematika di sekolah. Siswa hanya menerima materi yang diajarkan guru dan cenderung tidak mau bertanya. Siswa yang lebih aktif akan lebih pintar, dan begitu sebaliknya. Pandangan siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan sulit serta metode pembelajaran yang kurang sesuai mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan metode Discovery Learning. Metode Discovery Learning adalah suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Discovery Learning dengan pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa materi keliling dan luas segiempat siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua kelas di MTsN 2 Tulungagung yaitu kelas VII-F sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-G sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan mencakup uji instrumen, uji prasarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, pada pengujian hipotesis menggunakan Independent samples t-test, data hasil post-test diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,103 dan nilai t_tabel sebesar 1,6698 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan nilai t_hitung dan nilai t_tabel dapat dilihat bahwa t_hitung= 2,103 > t_tabel = 1,6698 yang menunjukkan Ada pengaruh metode Discovery Learning dengan pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa materi keliling dan luas segiempat siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123004 ANA MARIA ULFA
Date Deposited: 11 Nov 2016 07:37
Last Modified: 11 Nov 2016 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item