ANIK SETYAWATI, 12851221006 (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP ISLAM DI JOMBANG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Islam di Jombang” ini ditulis oleh Anik Setyawati, NIM. 12851221006, Pembimbing 1 Dr. Sutopo, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. Ummu Sholihah, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Masalah Open Ended, Self Confidence, SPLDV Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan dalam memecahkan masalah dalam berbagai konteks nyata. Literasi matematika sangat penting karena dapa membantu menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan denan matematika. Masalah open ended dapat memberikan kesempatan siswa dalam menafsirkan, mendefinisikan, menggunakan strategi dalam mengambil keputusan dengan mengaitkan antara pokok bahasan yang satu dengan yang lain. Self confidence merupakan aspek kepribadian manusia yang berfungsi sangat penting untuk mengaktualisasi potensi kemampuan yang dimiliki. Tujuan dalam penelitian adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau self confidence dalam menyelesaikan masalah open ended pada materi SPLDV di SMPI Al-Ummah,2) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau self confidence dalam menyelesaikan masalah open ended pada materi SPLDV di SMPIT Ar-Ruhul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, penyebaran angket, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Kemampuan literasi matematika di SMPI Al-Ummah subjek self confidence tinggi dapat dikategorikan baik karena memenuhi indikator merumuskan, menerapkan dan menafsirkan, kemampuan literasi matematika subjek self confidence sedang dapat dikategorikan cukup baik karena hanya mampu memenuhi indicator yaitu merumuskan dan menerapkan sedangkan kemampuan literasi matematika subjek self confidence rendah dapat dikategorikan kurang baik karena hanya mampu memenuhi indicator merumuskan. 2) Kemampuan literasi matematika di SMPIT Ar-Ruhul Jadid subjek self confidence tinggi dapat dikategorikan baik karena memenuhi indicator yaitu merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika, kemampuan literasi matematika subjek self confidence sedang dapat dikategorikan cukup baik karena mampu memenuhi indicator yaitu merumuskan dan menerapkan sedangkan kemampuan literasi matematika subjek self confidence rendah dapat dikategorikan kurang baik karena hanya mampu memenuhi indicator merumuskan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12851221006 ANIK SETYAWATI |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 08:08 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41012 |
Actions (login required)
View Item |