MAGHFIROTIN, 12201193089 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAAHUL ULUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Maghfirotin,NIM. 12201193089, pembimbing Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.. Kata Kunci: Guru Akidah Akhlak, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomana dalam kegiatan belajar mengajar, bahwa peran guru akidah akhlak sangatlah penting dalam membentuk karakter religius siswanya. Di lihat dari siswa pada zaman sekarang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Terdapat siswa yang berperilaku baik dan sopan santun ketika diajar oleh guru. Namun, juga ada siswa yang kurang sopan dalam kegiatan pembelajaran seperti tidak menjawab salam. Maka, Guru Akidah Akhlak wajib memberikan arahan dan berperan dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar.. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar.? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar.? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar.? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi penelitian, dan dokumentasi. Analisi data digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Peneliti menggunakan tringulasi metode dan tringulasi sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik yaitu melalui pembiasan karakter dan diadakannya kegiatan keaagamaan. Guru memberikan bimbingan tentang sopan santun terhadap siswa dan dikaitkan dengan mater pelajaran. Untuk mendidik siswa yang kurang baik guru menanyai permasalahn yang dihadapi oleh siswanya. (2). Peran guru akidah akhlak sebagai teladan adalah dengan menjaga sikap dan selalu berkarakter religius. Bentuk keteladan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menjadi imam sholat dhuhur, berinfaq, dan selalu berpakaian rapi ketika di kelas. Selain itu, dalam penyampaian materi, guru akidah akhlak menggunakan kata yang lembut dan sopan. (3). Peran guru akidah akhlak sebagai mtivator yaitu ketika memulai kegiatan pembelajaran. Dalam menghadapi siswa yang kurang motivasi, guru memberikan saran dan solusi terhadap siswa. Bentuk motivasi guru akidah akhlak adalah dengan adanya prestasi yang guru dapatkan dan selalu memberi motivasi agar siswa melanjutkan ke sekolah yang siswa inginkan, motivasi yang lain yaitu dengan adanya kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193089 MAGHFIROTIN |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 05:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 05:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41020 |
Actions (login required)
View Item |