M. ZAINUT TAMAM, 12501175013 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DI PESANTREN DAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus Di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dan SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Tamam, M. Zainut., 12501175013, 2022. Manajemen Kurikulum Integratif Di Pesantren dan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multikasus di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dan SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang). Disertasi, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag (2) Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Integratif, Pesantren, Sekolah, Mutu Pendidikan Manajemen pendidikan saat ini telah mengembangkan kurikulum terintegrasi antara penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan dengan berbasis penguatan pendidikan karakter, dikarenakan pendidikan berperan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang memiliki kemampuan intelektual, moral dan spiritual yang seimbang. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka integrasi kurikulum antar lembaga pendidikan sudah seyogyanya dilakukan baik pendidikan pesantren maupun pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menganalisis proses manajemen kurikulum integratif yang meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi pada pendidikan pesantren dan pendidikan sekolah agar mampu meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analsis data menggunakan analisi data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Teknik keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum integratif pendidikan pesantren dan pendidikan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dalam tiga bentuk yakni melakukan rapat koordinasi, mengkaji kurikulum serta menyiapkan perangkat pembelajaran. (2) Implementasi kurikulum integratif pendidikan pesantren dan pendidikan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan mengintegrasikan mata pelajaran pondok dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, melaksanakan kegiatan pembiasaan serta menggunakan kitab-kitab pondok sebagai bahan referensi dalam pembelajaran sekolah. (3) Evaluasi kurikulum integratif pendidikan pesantren dan pendidikan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dalam bentuk ulangan harian, ujian sertifikasi Al Qur’an, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester serta supervisi terhadap kurikulum. Berangkat dari temuan penelitian diatas, maka temuan baru dalam penelitian ini adalah model “manajemen kurikulum integratif peningkatan mutu pendidikan pesantren dan sekolah berbasis keunggulan khas”
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501175013 M. ZAINUT TAMAM |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:42 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41042 |
Actions (login required)
View Item |