PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 6 TULUNGAGUNG, KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

SHENDI MALIGA NURYAYA, 12205183076 (2023) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 6 TULUNGAGUNG, KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Konteks penelitian ini dimulai dengan sebuah fenomena yakni peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Dalam menumbuhkan motivasi belajar diperlukan peran guru untuk membimbing, mengarahkan, mendidik, mengajar, memotivasi, memfasilitasi, serta menyediakan media pembelajaran. Saat ini banyak peserta didik yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru, ramai sendiri, dan tidak memperdulikan kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penting sekali bagi seorang guru menjalankan multi perannya dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Fokus peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Peserta Didik Kelas III Di MIN 6 Tulungagung, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Peserta Didik Kelas III Di MIN 6 Tulungagung, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menjelaskan peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar intrinsik peserta didik kelas III Di MIN 6 Tulungagung, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. (2) untuk menjelaskan peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar intrinsik peserta didik kelas III Di MIN 6 Tulungagung, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya yaitu guru kelas III, Guru Akidah akhlak da peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumetasi. Kemudian peneliti menganilisis data dengan teknik deskriptif dari Miles dan Huberman dengan cara koi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat dan triangulangsi sumber dan Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Peserta Didik Kelas III di MIN 6 Tulungagung adalah (a) Guru berperan sebagai pengajar pada aspek menumbuhkan keinginan untuk belajar sendiri, pada aspek menumbuhkan rasa ingin tahu dan pada aspek menumbuhkan minat belajar peserta didik. (b) Guru berperan sebagai mediator pada aspek menumbuhkan keinginan untuk belajar sendiri dan pada aspek menumbuhkan minat belajar peserta didik. (c) Guru berperan sebagai pendidik pada aspek menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik. (d) Guru berperan sebagai motivator pada aspek mengarahkan cita – cita dan tujuan yang diharapkan peserta didik dalam belajar. (e) Guru berperan sebagai pengarah pada aspek mengarahkan cita – cita dan tujuan yang diharapkan peserta didik dalam belajar. (f) Guru berperan sebagai pembimbing pada aspek mengarahkan cita – cita dan tujuan yang diharapkan peserta didik dalam belajar. 2) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Ekstrinsik Peserta Didik Kelas III Di MIN 6 Tulungagung adalah (a) Guru berperan sebagai motivator pada aspek memberikan sanjungan kepada peserta didik,pada aspek memberikan hadiah kepada peserta didik dan pada aspek memberikan teguran serta hukuman kepada peserta didik. (b) Guru berperan sebagai evaluator pada aspek memberikan penilaian kepada peserta didik. (c) Guru berperan sebagai mediator pada aspek menggunakan media pembelajaran. (d) Guru berperan sebagai fasilitator pada aspek menggunakan metode pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183005 UPLOAD REPO
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:23
Last Modified: 20 Oct 2023 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41046

Actions (login required)

View Item View Item