IMPLEMENTASI HAFALAN ASMAUL HUSNA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK USIA 56 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDUNGLURAH

NINA AINUN NURIYAH, 12206193099 (2023) IMPLEMENTASI HAFALAN ASMAUL HUSNA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL UNTUK ANAK USIA 56 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDUNGLURAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Hafalan Asmaul Husna dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah” ini ditulis oleh Nina Ainun Nuriyah, NIM. 12206193099, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci : Hafalan asmaul husna, nilai agama dan moral Nilai agama dan moral merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan karena menyangkut dengan pribadi seseorang, baik buruknya seseorang dan menjadi bekal kelak supaya seseorang beradap dan berakhlak baik. Dalam pelaksanaan pengembangan agama dan moral salah satunya menggunakan metode hafalan asmaul husna. Dengan hafalan asmaul husna akan membuat seseorang berakhlak mulia serta memiliki aqidah yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan hafalan Asmaul Husna dalam mengembangkan NAM untuk anak usia 56 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah? (2) Bagaimana pelaksanaan hafalan Asmaul Husna dalam mengembangkan NAM untuk anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah? (3) Bagaimana evaluasi hafalan Asmaul Husna dalam mengembangkan NAM untuk anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Dharma Wanita Kedunglurah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, (1) Perencanaan hafalan asmaul husna dalam mengembangkan NAM anak uisa 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah yaitu guru menyusun RPP dan media pembelajaran terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai pedoman pembelajaran. (2) Pelaksanaan hafalan asmaul husna dalam mengembangkan NAM anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah berlangsung setiap hari setelah anak masuk kedalam kelas dan berdoa bersama. Pelaksanaan hafalan asmaul husna menggunakan metode bernyanyi yang bertujuan mempermudah kegiatan hafalan anak. (3) Evaluasi hafalan asmaul husna dalam mengembangkan NAM anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kedunglurah yaitu adanya respon yang baik, perilaku yang sopan dan santun dari peserta didik. Dengan adanya respon yang baik serta perilaku sopan dan santun maka peserta didik sudah menguasai hafalan sehingga nilai agama serta moral pada peserta didik sudah berkembang dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12206193099 NINA AINUN NURIYAH
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:43
Last Modified: 16 Oct 2023 05:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41053

Actions (login required)

View Item View Item