STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN

ISTA CHOLIFATUL MUASOMAH, 12201193160 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MTs Darussalam Kademangan” ditulis oleh Ista Cholifatul Muasomah, NIM. 12201193160, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsun Niam Kata Kunci : Strategi Guru, Mengelola Kelas, Kualitas Pembelajaran Keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Jika pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran terlaksana dengan baik maka peserta didik akan semakin faham mengenai materi yang disampaikan yang akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Darussalam Kademangan. Oleh karena itu diperlukan strategi pengelolaan kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru fiqih dalam mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru fiqih dalam mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru fiqih dalam mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan cara triangulasi, perpanjangan waktu penelitian, peningkatan ketekunan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru dalam mengelola kelas yakni dengan menyusun perangkat pembelajaran seperti program tahunan, program semester, RPP, dan mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan (2) Pelaksanaan guru dalam mengelola kelas yakni yang pertama menciptakan iklim kelas yang kondusif dengan cara membuat suasana kelas nyaman dan menyenangkan, menggunakan media dan metode mengajar yang bervariasi, menumbuhkan sikap disiplin. Kedua yakni menata ruang belajar dengan cara memelihara kebersihan dan keindahan kelas, mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan metode mengajar dan karakteristik siswa. Ketiga yakni dengan menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan siswa dengan cara jujur, terbuka, tidak mengekang, dan saling membutuhkan (3) Evaluasi pengelolaan kelas dengan evaluasi perencanaan pembelajaran, kesesuaian proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang dinilai dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193160 ISTA CHOLIFATUL MUASOMAH
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:04
Last Modified: 20 Oct 2023 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41064

Actions (login required)

View Item View Item