STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN HOME INDUSTRI (Studi Kasus Home Industri Kripik Tempe Jeblog Di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun)

RIZQI ARIF WICAKSONO, 12209183024 (2023) STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN HOME INDUSTRI (Studi Kasus Home Industri Kripik Tempe Jeblog Di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (865kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Home Industri (Studi Kasus Home Industri Kripik Tempe Jeblog di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)” ini ditulis oleh Rizqi Arif Wicaksono, NIM. 12209183024, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Pandemi Covid-19, Pendapatan Home Industri Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena di lapangan saat observasi bahwa dengan adanya pandemi covid-19 sebagian besar pelaku home industri terdampak. Dampak yang dialami oleh home industri diakibatkan karena adanya penurunan pendapatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan home industri kripik tempe jeblog di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti adalah instrument utama yang bertindak sebagai pengamat, pewawancara, pengumpul data, dan menjadikan serangakaian kegiatan tersebut kedalam laporan hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan pada home indsutri kripik tempe jeblog yang berlokasi di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir kesimpulan atau verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi covid-19 berdampak pada penurunan pendapatan home industri kripik tempe jeblog. Kemudian penerapan strategi pemasaran di masa pandemi covid-19 juga berdampak pada pendapatan yakni dengan penggunaan merk dalam produk, memberikan kualitas produk yang bagus, harga yang lebih murah daripada pesaing, promosi dengan menggunakan word of mouth atau dari mulut kemulut yang efisien, lokasi produksi dan sekaligus pemasaran yang dekat dengan konsumen. Adanya penerapan strategi pemasaran juga memiliki hambatan yakni harga yang lebih murah dari pesaing mengakibatkan kebimbangan terhadap kualitas produk yang diberikan, promosi dengan menggunakan word of mouth memiliki tingkat jangkauan konsumen yang sedikit. Solusi dari hambatan tersebut adalah pemberian harga yang murah mengakibatkan kebimbangan terhadap kualitas produk yakni dengan memberikan tester atau contoh produk agar konsumen dapat mengetahui kualitas produk yang diberikan, kemudian hambatan mengenai strategi promosi bisa diminimalisir dengan menggiatkan kegiatan promosi tersebut dan merambah pada pemasaran melalui media sosial. Dampak, strategi pemasaran, dan hambatan tersebut dikarenakan adanya wabah pandemi Covid-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pandemi
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183024 RIZQI ARIF WICAKSONO
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:21
Last Modified: 24 Oct 2023 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41113

Actions (login required)

View Item View Item