PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VIII MTSN 4 BLITAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

SHOFIA OKTA SAFITRI, 12208193110 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VIII MTSN 4 BLITAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (359kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas VIII MTsN 4 Blitar pada Materi Sistem Pernapasan” ditulis oleh Shofia Okta Safitri, NIM. 12208193110, dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan metakognitif, model problem based learning berbantuan jurnal belajar. Keterlaksanaan pembelajaran di lapangan masih didominasi dengan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Siswa belum diberikan kesempatan untuk berpartitipasi aktif dalam proses belajarnya. Seperti realita yang ditemukan di MTsN 4 Blitar, suasana pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru dan siswa belum belum berperan aktif dalam kegiatan belajarnya sehingga hasil belajar kognitif belum maksimal dan keterampilan metakognitif belum berkembang. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan inovasi pembelajaran guna memfasilitasi kegiatan belajar siswa, yakni penerapan model problem based learning berbantuan jurnal belajar. PBL cocok untuk merangsang cara berpikir dan keaktifan siswa dengan penyajian masalah yang ada. Sedangkan jurnal belajar mampu memfasilitasi siswa dalam menuliskan kegiatan belajarnya, sehingga siswa aktif merencanakan, memantau dan mengevaluasi kegiatan belajarnya. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model problem based learning berbantuan jurnal belajar untuk mengatahui pengaruh dari model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. (2) Mengetahui adanya pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. (3) Mengetahui adanya pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognitif siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar dengan jumlah 276 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan 32 siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol sengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes (pretest dan posttes) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji t-test, uji mann-whitney dan uji kruskall-wallis melalui bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji T dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05. (2 )Ada pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif siswa kelaS VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji Mann-Whitney dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05. (3) Ada pengaruh model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognitif siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar pada materi sistem pernapasan. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji Kruskall-Wallis dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193110 SHOFIA OKTA SAFITRI
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:36
Last Modified: 17 Oct 2023 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41154

Actions (login required)

View Item View Item