PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI PLUS NURUL HUDA KAMULAN TALUN BLITAR

EKA AIRIN RAHMAWATI, 12205193023 (2023) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI PLUS NURUL HUDA KAMULAN TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Matematika di MI Plus Nurul Huda Kamulan Talun Blitar”, ini ditulis oleh Eka Airin Rahmawati, NIM. 12205193023, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag Kata Kunci : Peran Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam sebuah kegiatan pembelajaran, pembahasan tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Faktanya banyak anggapan bagi siswa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, karena masih ada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas tugas dari guru sehingga berdampak ke nilai siswa. Sehingga pada saat pembelajaran berlangsung mereka tidak tertarik mengikutinya karena tidak begitu paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Dengan adanya fenomena permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika di kelas II di MI Plus Nurul Huda Kamulan Talun Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika di MI Plus Nurul Huda Kamulan Talun Blitar? (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika di MI Plus Nurul Huda Kamulan Talun Blitar? (3) Bagaiman evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika di MI Plus Nurul Huda Kamulan Talun Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi, faktor penghambat dan pendukung strategi, evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menmgunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) adanya penambahan jam pelajaran, bimbingan belajar, menjelaskan berulang – ulang sampai siswa menguasai setiap materi, dan memotivasi siswa untuk belajar matematika dengan rajin. (2) Faktor penghambat : Fasilitas sekolah yang masih terbatas kurang memadai, kurangnya kesadaran diri siswa tentang pentingnya belajar matematika, lingkungan masyarakat yang belum sepenuhnya mendukung, keadaan ekonomi keluarga yang masih rendah sehingga pendidikan belum terlalu diperhatikan. Faktor pendukung : Minat belajar siswa, lingkungan sekolah yang menunjang proses belajar, kerjasama guru dan orang tua sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar dan baik. (3) Evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika adalah siswa belum sepenuhnya menguasai setiap materi yang disampaikan oleh guru, jika diberikan tugas siswa belum maksimal dalam pengerjaan menyelesaikannya, ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai nilai di bawah KKM. Dengan adanya upaya guru seperti penambahan jam pelajaran, menjelaskan materi berulang – ulang sampai siswa benar benar memahami, dan mengubah metode pembelajaran serta memberikan kesempatan kepada siswa jika masih kurang paham dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193023 EKA AIRIN RAHMAWATI
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:48
Last Modified: 17 Oct 2023 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41170

Actions (login required)

View Item View Item