PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern Al Barokah Nganjuk)

Moch. Zainul Arifin, 129501203016 (2023) PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern Al Barokah Nganjuk). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Disertasi dengan judul Pengelolaan Program Pendidikan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern al-Barakah Ngnjuk), yang ditulis oleh Moch. Zainul Arifin, Nim. 12601205016 dengan di Bimbing Oleh, Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. H. Kojin, MA. Pengelolaan Program Pendidikan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara pada pondok pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern al�Barakah Nganjuk, bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana menemukan Perencanaan Program Pendidikan Bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern Al Barokah Nganjuk 2) Bagaimana menemukan Pelaksanaan Program Pendidikan Bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula dan Pondok Modern Al Barokah Nganjuk 3) Bagaimana menemukan implikasi evaluasi dalam meningkatkan hasil kemahiran berbicara di pondok pesantren Miftahul ‘Ula Dan pondok modern Al Barokah Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis studi multikasus. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data secara berulamg-ulang melalui analisis dengan tehnik penyajian data (data disply) dan penarikan kesimpulan (connclution drawing/verification), pengecekan keabsahan data melaluikredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa; 1) bahwa Perencanaan pembelajaran yang ada di pondok pesantren Miftahul Ula dengan menyiapkan tenaga pengajar yang bermutu dengan mengikutkan kepada pelatihan pelatihan maupun dengan pendidikan lanjutan sehingga tenaga pengajar menjadi lebih professional dan menyiapkan program-program pembelajaran yang dirangkai dalam berbagai kegiatan yang akan diimplementasikan nantinya dengan program pendidikan learning by doing. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran tentu sebagai tindak lanjut dari proses perencanaan yang dicanangkan sebelumnya. Proses pelaksanaan pembelajaran yang ada di pesantren Miftahul Ula fokus kepada internalisasi nilai-nilai akhlaq, tentu dengan tetap menjalankan kegiatan kegiatan yang sudah deprogram oleh pesantren.. Sedangkan proses pelaksanaan pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Modern Al-Barokah menggunakan sistem pendidikan muadalah yang dilakukan dengan cara berkomunikasi bahasa Arab dan bahasa Inggris aktif. 3) Evaluasi yang dilakukan secara berkala oleh pihak pesantren Miftahul Ula dengan tujuan ingin mengetahui keberhasilan yang dicapai dalam proses pelaksanaan pembelajaran, sehingga dengan adanya evaluasi tersebut bisa memperbaiki kekurangan kekurangan yang ada dalam proses pembelajaran. Sedangkan evaluasi Pesantren Al-Barokah dilaksanakan secara kontinuitas baik secara tulisan, lisan maupun praktik pendidikan Bahasa Arab (mencakup Muthala’ah, Insya’, Mahfudzat,Nahwu,Shorf,Muhadatsah, serta Balag ha) dan Al-Qur’an (mencakup Ibadah Qauliyah, Ibadah ‘Amaliyah, Tajwid, Hifdzu dan Qira’atu-l-Qur’an). Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kemahiran Berbicara, Pondok Pesantren.

Item Type: Disertasi
Subjects: Agama > Al Quran
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203016 MOCH. ZAINUL ARIFIN
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:39
Last Modified: 17 Oct 2023 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41221

Actions (login required)

View Item View Item