PENGEMBANGAN MEDIA SILENT BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH MAMBAUT TARBIYAH WONODADI

ATINA BALQIS AZZAHRA, 12206193103 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA SILENT BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH MAMBAUT TARBIYAH WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (443kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Silent Book untuk Mengembangkan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al- Hidayah Mambaut Tarbiyah Wonodadi” ini ditulis oleh Atina Balqis Azzahra, NIM. 12206193103. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata kunci : Media Silent Book, Bahasa Reseptif dan Ekspresif, Anak Usia Dini. Bahasa memiliki kerangka linguistik yang cukup membingungkan. Pembelajaran bahasa untuk anak usia dini dipisahkan menjadi dua, yaitu bahasa responsif dan bahasa ekspresif. Di masa muda, saat mendidik anak sering mengalami kesulitan dalam menyampaikan keinginan, anggapan atau latihan pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini karena tidak adanya kemampuan bahasa, lesu atau ragu-ragu untuk berinteraksi atau berbicara dengan orang lain. Untuk situasi ini, peneliti mengembangkan silent book untuk menumbuhkan bahasa yang terbuka dan ekspresif untuk anak-anak berusia 5-6 tahun Adapun perincian masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan media Buku Tenang untuk menumbuhkan bahasa yang terbuka dan ekspresif pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Mambaut Tarbiyah Wonodadi? (2) Bagaimana kepraktisan media Buku Tenang untuk menumbuhkan bahasa responsif dan ekspresif pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Mambaut Tarbiyah Wonodadi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kerja yang inovatif atau “Exploration and Improvement” (R and D), para peneliti menggunakan semacam model perbaikan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu pemeriksaan khusus, perencanaan, peningkatan, pelaksanaan, dan penilaian. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah seluruh siswa usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Mambaut Tarbiyah Wonodadi, sedangkan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode pengujian purposive sampling. Konsekuensi dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) media buku sepi yang dipilih oleh peneliti adalah dongeng dengan karakter burung dan kelinci. Materi yang diperkenalkan dalam silent book adalah materi yang telah disetujui oleh dua orang ahli validator. Alur cerita yang digunakan dalam Silent book disesuaikan dengan perkembangan anak usia 5-6 tahun. (2) Pendahuluan penguasaan media menunjukkan tingkat kemungkinan sebesar 83,33%. Pendahuluan etimolog menunjukkan tingkat kemungkinan 92,01%. Terlebih lagi, materi awal master menunjukkan tingkat 89,58%. Uji coba skala terbatas yang diarahkan pada 10 anak usia 5-6 tahun ini memperoleh skor rata-rata 94%. Selain itu, uji pendahuluan skala besar yang diarahkan pada 20 anak berusia 5-6 tahun mendapat skor rata-rata 83,75%. Konsekuensi dari setiap skala terbatas dan normal lingkup yang sangat besar menunjukkan bahwa media “benar-benar dapat dicapai”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193103 ATINA BALQIS AZZAHRA
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:21
Last Modified: 24 Oct 2023 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41330

Actions (login required)

View Item View Item