PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK SLG (SIMPANG LIMA GUMUL) KEDIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI TRANSLASI DAN REFLEKSI KELAS IX DI MTsN 3 KEDIRI

DIYAH CHUSNUL KHOTIMAH, 12204193209 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK SLG (SIMPANG LIMA GUMUL) KEDIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI TRANSLASI DAN REFLEKSI KELAS IX DI MTsN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Pada Motif Batik Simpang Lima Gumul Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Translasi Dan Refleksi Kelas IX di MTsN 3 Kediri” ini ditulis oleh Diyah Chusnul Khotimah, NIM. 12204193209, program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pembelajaran kontekstual, Etnomatematika, batik Simpang Lima Gumul; pemahaman konsep matematis; translasi; refleksi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika. Pembelajaran yang cenderung konvensional membuat siswa merasa bosan dan jenuh yang akhirnya berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang berbasis Etnomatematika. Pendekatan ini akan merangsang siswa untuk lebih memahami materi dan membantu siswa siswa mengaitkan hubungan materi yang diajarkan dengan situasi atau keadaan yang sebenarnya salah satunya dengan kearifan budaya lokal. Dengan bantuan media motif batik Simpang Lima Gumul dapat membantu siswa untuk lebih semangat dalam belajar matematika dan mempermudah dalam memahami materi yang diajarkan terutama dalam materi geometri transformasi. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Etnomatematika pada motif batik Simpang Lima Gumul terhadap pemahaman siswa materi translasi dan refleksi, 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Etnomatematika pada motif batik Simpang Lima Gumul terhadap pemahaman siswa materi translasi dan refleksi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Experimental dan menggunakan pola Post Test Only Desain. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IX-I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dan kelas IX-H sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes (Pretest-Posttest) dan dokumentasi. Analisis data yangdigunakan dalam penelitian adalah uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji coba prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t sampel bebas dan perhitungan Effect Size. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Etnomatematika pada motif batik Simpang Lima Gumul terhadap pemahaman konsep matematis siswa materi translasi dan refleksi kelas IX di MTsN 3 Kediri. 2) Besarnya pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Etnomatematika pada motif batik Simpang Lima Gumul terhadap pemahaman konsep matematis siswa materi translasi dan refleksi kelas IX tergolong kategori sangat tinggi yaitu 86%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12208193107 Sapta Darma Widya
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:25
Last Modified: 24 Oct 2023 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41368

Actions (login required)

View Item View Item