EFEKTIVITAS KONSELING REALITA DALAM MENGATASI KECEMASAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG

SITI ROSYIDA APRILIA, 12306193048 (2023) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA DALAM MENGATASI KECEMASAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Konseling Realita Untuk Mengatasi Kecemasan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Siti Rosyida Aprilia NIM 12306193048. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tahun 2023. Abstrak : Siswa yang memiliki kecemasan penyesuaian diri yang tinggi dalam kehidupan pribadinya diliputi dengan ketakutan untuk melakuan suatu tindakan, suka menyendiri, sulit bergaul dengan teman, dan menjauh dengan lingkungan. Dampak dari kecemasan penyesuaian diri mengakibatkan siswa tidak betah dikelas, ingin pindah kelas, ingin pindah sekolah, tidak fokus belajar sampai dengan mengganggu konsentrasi belajar teman-temannya. Di SMA Islam Sunan Gunung Jati ini kelas yang memiliki masalah kecemasan penyesuaian diri tinggi terdapat pada kelas X-G. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan penyesuaian diri kelas X SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung, dan untuk mengetahui efektivitas konseling realita dalam mengetasi kecemasan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut. Metode Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen design pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X-G SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung yang berjumlah 34 siswa yang diadopsi dari teori Sugiono. Hasil Penelitian ini yaitu berdasarkan hasil pretest yang disebar di kelas XG dengan kuesioner 20 item soal, menunjukkan bahwa terdapat (29%) 1 siswa yang mengalami kecemasan penyesuaian diri sangat tinggi, (73%) 25 siswa mengalami kecemasan penyesuaian diri rendah, (20%) 7 siswa mengalami kecemasan penyesuaian diri sedang, (29%) 1 siswa yang mengalami kecemasan penyesuaian diri tinggi. Dari penelitian yang dapat diukur dari kefektifannya konseling realita menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, serta uji Wilcoxon dari nilai pretest dan posttest. Untuk menguji Efektivitas konseling realita menggunakan bantuan SPSS versi 25 pengujiannya dapat dilakukan peneliti menunjukkan bahwasannya nilai uji Wilcoxon bernilai Sig (2-tailed) 0,012 < 0,05 sehingga dari hasil tersebut menunjukkan terdapatnya perbedaan variabel awal dengan variabel akhir. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari hasil pengukuran bahwasannya terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah ditreatment menggunakan konseling kelompok Teknik konseling realita, berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwasannya konseling realita dapat secara efektif dalam membantu mengurangi kecemasan penyesuaian diri siswa kelas XG SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut. Implikasi penelitian ini Efek atau dampak yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu siswa mulai sadar akan pentingnya penyesuaian diri yang baik, disini siswa sudah mengetahui cara menghindari kecemasan. Untuk siswa yang yang mempunyai kecemasan penyesuaian diri rendah dia akan terbiasa jika ditempat atau lingkungan baru serta dapat menyelesaikan permasalahannya dengan baik dan tepat. Dengan treatment konseling realita siswa dapat mengungkapkan pendapat dan unek-unek yang dipendam selama ini, mampu berlatih untuk bercerita, dan mampu bersosialisasi dengan orang baru. Kata Kunci: Konseling realita, Kecemasan Penyesuaian Diri Siswa kelas X

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: BKI 12306193048 SITI ROSYIDA APRILIA
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:11
Last Modified: 24 Oct 2023 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41372

Actions (login required)

View Item View Item