ZANA PRASTICA DISA, 2823123157 (2016) STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI BMT AR-RAHMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (135kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Segmentasi Pasar Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Ar-Rahman Tulungagung” ini ditulis oleh Zana Prastica Disa, NIM. 2823123157. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa perkembangan lembaga keuangan yang setiap tahunnya berkembang dengan pesat. Dari perkembangan tersebut tentunya memiliki sebuah persaingan agar setiap lembaga mendapatkan nasabah yang sesuai dengan targetnya. Dalam pencapaian target tersebut tentunya harus melakukan strategi segmentasi pasar yang tepat agar target BMT sesuaidengan yang diinginkan. Segmentasisangatpentingbagi BMT karena dengan segmentasi memungkinkan BMT lebih terfokus dalam mengalokasikan dana. Kedua segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basis bagi penentuan positioning. Ketiga segmentasi merupakan factor kunci untuk mengalahkan pesaing. Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka BMT perlu mengelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana segmentasi pasar yang dimiliki BMT Ar-Rahman Tulungagung? (2) Bagaimana BMT Ar-Rahman menetapkan segmnetasi pasar tersebut? (3) Bagaimana BMT Ar-Rahman menghadapi persaingan dengan BMT yang lain?.Adapun yang menjaditujuanpenelitianiniadalah (1) Untuk mengetahui segmentasi pasar yang dimiliki BMT Ar-Rahman Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penetapan segmentasi pasar di BMT Ar-Rahman Tulungagung. (3) Untuk mengetahui cara BMT Ar-Rahman Tulungagung dalam menghadapi persaingan dengan BMT yang lain. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Sedangkan data yang diambil adalah menggunakan metode wawancara mendalam atau indept interview dengan manager BMT maupun karyawan BMT Ar-Rahman Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama strategi segmentasi pasar telah sesuai dengan target yang diinginkan. Kedua, dengan strategi segmentasi pasar memungkinkan BMT Ar-Rahman Tulungagung lebih terfokus dalam mengalokasikan dana. Ketiga, segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basis bagi penentuan positioning. Keempat, segmentasi merupakan factor kunci untuk mengalahkan pesaing. Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka BMT perlu mengelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Dari hasil penelitian tersebut di atas menunjukkan bahwa, strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di BMT Ar-Rahman Tulungagung telah sesuai dengan target dan memberikan kontribusi dalam peningkatan jumlah nasabah. Kata kunci: Strategi, Segmentasi Pasar, Nasabah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823123157 Zana Prastica Disa |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:51 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4138 |
Actions (login required)
View Item |