تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام كتاب الملزمة العربية في مؤسسه العربية باري كاديري

A’AM UMMUL BAROROH, 12202193011 (2023) تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام كتاب الملزمة العربية في مؤسسه العربية باري كاديري. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kitab Malzamah Arabiyyah di Lembaga Markaz Arabiyyah Pare Kediri” Ini ditulis oleh A’am Ummul Baroroh, NIM 12202193011,Jurusan Pendidiksn Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing DR. H. Kojin,. M.A Kata Kunci : Implementasi , Pembelajaran Bahasa Arab , Kitab Malzamah Arabiyyah Lembaga markaz arabiyyah pare kediri merupakan Lembaga kursus Bahasa arab yang berbasis modern atau multiple intelegent , yang terfokus pada pembelajaran Bahasa arab menggunakan modul Bahasa arab yang dinamakan ‘’ kitab malzamah arabiyyah’’ dari sinilah para murid di didik dengan menggunakan berbahasa arab setiap harinya . Agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan Lembaga markaz arabiyyah menggunakan 2 sistem dalam pembelajarannya yaitu sistem Pendidikan didalam asrama atau sakan , yang kedua adalah sistem pembelajaran di kelas. Olehnya itu terdapat sistem pembelajaran yang berkualitas dan terkonsep mendorong para pengkaji ilmu melakukan penelitian. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaiamana perencanaan pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah di Lembaga markaz arabiyyah pare kediri. 2) bagaiamana pelaksanaan pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah di Lembaga markaz arabiyyah pare kediri. 3) bagaimana evaluasi pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah di Lembaga markaz arabiyyah pare kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya diperoleh dari guru Bahasa arab dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi , wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan. Keberuntungan, dan kepastian. Hasil penelitian . pertama, perencanaan pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah di Lembaga markaz arabiyyah pare kediri adalah menyiapkan pedoman pembelajaran yang meliputi buku malzamah arabiyyah, memproyeksikan Tindakan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu melihat ketersedian sarana pembelajaran, memahami kondisi kelas, dan peserta didik serta memiliki target pencapaian dalam pembelajaran Bahasa arab. Kedua , pelaksanaan pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah , mulai dari kegiatan pendahuluan , kegiatan inti, kemudian kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan didahului dengan salam, membaca doa, memberikan pertanyaan atau su’alan yang digunakan sebagai murojaah materi sebelumnya.pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah dalam kegiatan inti diawali dengan memberikan materi sesuai dengan buku malzamah arabiyyah, dari maharah kalam, maharah qiro’ah dan maharah istima’, kegiatan penutup dilaksanakan dengan memberikan penguatan terhadap santri , memberikan motivasi belajar. Serta do’a penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran Bahasa arab menggunakan kitab malzamah arabiyyah di Lembaga markaz arabiyyah pare kediri dilaksanakan dengan mengadakan rapat Bersama dewan guru dan diadakan ujian yang dilaksanakan disetiap ahir periode kursus, terdapat 3 ujian yang akan dilakukan yaitu ujian harian, ujian mingguan, juga ujian bulanan atau penutupan periode . hasil evaluasi sebagai penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Penialain dilakukan secara konsisten dan sistematis dan terprogram dengan menggunakan tes ataupun non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan ataupun pengamatan kerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193011 A'AM UMMUL BAROROH
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:17
Last Modified: 26 Oct 2023 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41441

Actions (login required)

View Item View Item