M. FAROJIHUT TAWAKAL, 1756144029 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISTEM BOARDING SCHOOL DI SEKOLAH UMUM DAN MADRASAH(Studi Multi Situs di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar). [ Thesis ]
|
Text
BAB I Revisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
COVER, ABSTRAK.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Revisi .pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Revisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI Revisi.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Revisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV - Revisi.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
EXECUTIVE SUMMARY.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Pembelajaran Sistem Boarding School Di Sekolah Umum Dan Madrasah (Studi Multi Situs di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar)” ini disusun oleh M. Farojihut Tawakal dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M. Ag. dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran, Boarding School. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam sistem Boarding School di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Fokus penelitian tesis ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran Sistem Boarding School di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 2.) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Sistem Boarding School di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 3.) Bagaimana evaluasi pembelajaran Sistem Boarding School di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar dan MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk katagori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi situs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pada tahap perencanaan, guru melakukan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) secara umum yang di sesuaikan dengan KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah ditentukan oleh pemeritah, yang kemudian dikembangkan sendiri oleh guru setempat menjadi RPP pelaksanaan harian dan dijadikan sebagai dasar menentukan metode pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru kepada siswa. Sedangkan, untuk pembelajaran di dalam asrama, pamong asrama tidak menyusun RPP, karena pada dasarnya materi yang disampaikan di asrama sama dengan materi yang disampaikan di madrasah, sehingga pamong asrama hanya menjabarkannya saja dengan lebih kreatif. (2) Pada awal tahap pelaksanaan, guru menyusun skenario pembelajaran yang mencakup pembukaan, inti serta penutup pelajaran. (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran, tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi juga kepala sekolah ikut berperan serta dalam kegiatan evaluasi. Tugas evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dibagi menjadi 3, yaitu evaluasi kognitif, evaluasi afektif dan evaluasi psikomotorik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756144029 M. FAROJIHUT TAWAKAL |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 07:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4147 |
Actions (login required)
View Item |