SILVYANA FARIDATUL MAFLUHAH, 12209193107 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
Abstract
Permasalahan kegiatan pembelajaran yakni menurunnya semangat siswa pada mata pelajaran IPS mulai terdeteksi saat mereka masuk offline setelah adanya pembelajaran online daring(dalam jaringan) selama dua tahun, sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19, digunakan peneliti sebagai latar belakang adanya penelitian ini. Maka peneliti menerapkan penggunaan model pembelajaran Probing – Prompting dirasa mampu mengembalikan motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Probing Prompting guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi Kegiatan dan Pelaku Ekonomi siswa kelas VII di MTsN 1 Trenggalek 2)Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Probing Prompting pada pelajaran IPS materi Kegiatan dan Pelaku Ekonomi siswa kelas VII di MTsN 1 Trenggalek 3) Apakah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Probing Prompting pada pelajaran IPS materi Kegiatan dan Pelaku Ekonomi siswa kelas VII di MTsN 1 Trenggalek Terdapat beberapa tujuan yang diambil dari latar belakang permasalahan tersebut secara garis besar yakni diharapkan penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya penggunaan model pembelajaran Probing – Prompting terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan jenis Quasi Experimental dengan dua kelompok kelas.Teknik sampling menggunakan Non probabillity sampling metode purposif sampling (pengambilan kelas nilai kognitif homogen) maka dari itu peneliti menetapkan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen (dengan perlakuan) siswa sebanyak 32 dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol (tanpa perlakuan) dengan siswa sebanyak 33. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data uji validitas reliabilitas, uji prasyarat, uji t-test, uji manova. Hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah diatas adalah sebagai berikut: 1)Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing – Promptig terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari uji t-test nilai Sig.(2-Tailed) 0,016 < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing – Promptig terhadap hasil belajar siswa dilihat dari uji t-test nilai Sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing – Promptig terhadap motivasi belajar siswa dilihat dari uji MANOVA nilai Sig.(2-Tailed) 0,000 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Silvyana 12209193107 Silvyana Faridatul Mafluhah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:31 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41484 |
Actions (login required)
View Item |