UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN PAGI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ABU RIZAL WAHABI, 12205193292 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN PAGI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rizal Wahabi Abu,12205193292."Upaya Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Melalui Pembiasaan Keagamaan Pagi Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Zainudin, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Akhlak, Peserta Didik, Pembiasaan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena usia anak sekolah yang mempengaruhi proses pembentukan nilai-nilai agama. Kualitas keagamaan anak akan sangat dipengaruhi oleh proses pembentukan menjadi bukti kesadaran masyarakat dan para pendidik akan pentingnya pembentukan karakter pada peserta didik. Salah satunya adalah MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung merupakan lembaga pendidikan formal berbasis keagamaan dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Tulungagung. MI Tarbiyatul Islamiyah ini merupakan salah satu madrasah swasta unggulan dengan akreditasi A (unggul). Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik melalui pembiasaan keagamaan pagi di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur?, (2) Bagaimana kesulitan yang dihadapi guru dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik melalui pembiasaan keagamaan pagi di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur?, (3) Bagaimana dampak yang ditimbulkan pembiasaan keagamaan pagi dalam upaya guru meningkatkan akhlak mulia peserta didik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur?. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi, (1) Kepala Madrasah, (2) Guru Kelas IV, (3) Peserta Didik, (4) Dokumentasi Pembiasaan Keagamaan, (5) Tempat MI Tarbiyatul Islamiyah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi meliputi sumber, metode, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik melalui pembiasaan keagamaan pagi di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur mempunyai tujuan untuk membiasakan peserta didik untuk melakukan kegiatan yang besifat ibadah sebelum melaksanakan pembelajaran. Melalui hal ini diharapkan secara tidak langsung dan sedikit demi sedikit dapat membentuk karakter dan akhlak peserta didik untuk gemar dalam melakukan pembiasaan beribadah. (2) Kesulitan yang dihadapi guru dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik melalui pembiasaan keagamaan pagi di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur tersebut bersumber dari dalam diri peserta didik itu sendiri (faktor internal) atau yang berasal dari luar diri peserta didik (faktor eksternal). (3) Dampak yang ditimbulkan pembiasaan keagamaan pagi dalam upaya guru meningkatkan akhlak mulia peserta didik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur adalah semakin disiplinnya peserta didik serta meningkatnya nilai moral dan akhlak dalam diri peserta didik. Sehingga pembiasaan keagamaan menjadi hal yang baik dan efektif dalam mengontrol sikap dan akhlak peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193292 ABU RIZAL WAHABI
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:31
Last Modified: 30 Oct 2023 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41494

Actions (login required)

View Item View Item