Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Berhitung Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al Huda Bandung

Lutfi Fatkhurrohman, 2814123110 (2016) Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Berhitung Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al Huda Bandung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan DLL.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Berhitung Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Lutfi Fatkhurrohman, NIM. 2814123110, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan, verbal, berhitung, soal, cerita Kemampuan verbal merupakan kemampuan berfikir melalui kata-kata, menggunakan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks. Sedangkan kemampuan berhitung merupakan kemampuan berfikir secara induktif dan deduktif, kemampuan berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir. Matematika sangat erat hubunganya bila dikaitkan dengan kemampuan verbal dan kemampuan berhitung. Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang disajikan dalam bentuk cerita pendek yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta memuat masalah yang menuntut pemecahan soal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kemampuan verbal, kemampuan berhitung, dan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung? (2) Apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung? (3) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berhitung siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung? (4) Apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan berhitung siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung? Dalam penelitian ini digunakan metode tes dan observasi. Metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Adapun variabel bebas 1 (X1) dalam penelitian ini adalah kemampuan verbal dan veriabel bebas 2 (X2) dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C di MTs Al Huda Bandung. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan verbal siswa kelas VII C MTs Al Hda Bandung lumayan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata sebesar 79,26. Tingkat kemampuan berhitung siswa kelas VII C MTs Al Hda Bandung rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata sebesar 70,37. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata sebesar 79,93. (2) Ada pengaruh kemampuan verbal siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung. Berdasar hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung=10,580>Ftabel5%=4,240 dan nilai sig. = 0,003 < α5% = 0,005. (3) Ada pengaruh kemampuan berhitung siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung. Berdasar hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung=12,284 > Ftabel5%=4,240 dan nilai sig.=0,002<α5%=0,005. (4) Ada pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan berhitung siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan kelas VII MTs Al Huda Bandung. Berdasar hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung = 11,866 > Ftabel5% = 3,40 dan nilai sig.= 0,000 < α5% = 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123110 Lutfi Fatkhurrohman
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:20
Last Modified: 06 Dec 2016 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item