NURUL BADI’AH, 12206183002 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK (USIA 4-5 TAHUN) MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK AL-HIDAYAH GAPRANG KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (278kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Badi’ah, 12206183002, “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak (Usia 4-5 Tahun) Melalui Media Buku Bergambar di Kelompok A TK Al-Hidayah Gaprang Kanigoro Blitar”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Strategi, Keterampilan Berbahasa, Media Buku Bergambar Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap orang, melalui bahasa anak dapat mengembangkan kemampuan sosialnya dengan cara mengekspresikan pikirannya, sehingga orang lain memahaminya dan menciptakan hubungan sosial yang baik. Seiring bertambahnya waktu keterampilan bahasa di TK Al-Hidayah Gaprang menjadi bagus, guru menggunakan buku bergambar sebagai media untuk menarik minat belajar anak terutama dalam bahasa. Keterampilan berbahasa sendiri adalah kemampuan yang penting dalam kehidupan sosial anak untuk mengungkapkan ide dan bertanya, menciptakan konsep dalam kategori berpikir. Tujuan dilakukan penelitian (1) untuk mengetahui perencanaan guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak melalui media buku bergambar di kelompok A TK Al-Hidayah Gaprang Kanigoro Blitar. (2) untuk mengetahui pelaksanaan guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak melalui media buku bergambar di kelompok A TK Al-Hidayah Gaprang Kanigoro Blitar. (3) untuk mengetahui evaluasi guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak (usia 4-5 tahun) melalui media buku bergambar di kelompok A TK Al-Hidayah Gaprang Kanigoro Blitar. Metode penelitian kualitatif penyajian data deskriptif dengan jenis study kasus. Sumber data person : kepala sekolah, guru kelas A1 dan A2, place: bangunan, fasilitas, aktivitas, dan kegiatan pembelajaran, paper: pedoman kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara , dan hasil dokumentasi. Analis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Pembelajaran meliputi pembuatan Kalender Pendidikan, Progam Tahunan, Program Semester, RPPM, RPPH. (2) Pelaksanaan Pembelajaran meliputi penggunaan buku bergambar sebagai media, buku mengeja sebagai pegangan mengenal huruf, karya peserta didik dan media yang ada pada lembaga lainnya. (3) Evaluasi Pembelajaran dilaksanakan dengan memberi penilaian setelah anak melalui proses belajar dalam waktu tertentu. Penilaian pada evaluasi berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan, capaian perkembangan selama masa belajar, kemampuan dalam menerima pembelajaran, pemahaman dan kemampuan melaksanakan perintah sesuai instruksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183002 NURUL BADI'AH |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41518 |
Actions (login required)
View Item |