PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN AJARAN 2022/2023

NAFIS MELINDA, 12204193197 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Nafis Melinda, NIM. 12204193197, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Means Ends Analysis, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Hasil belajar siswa tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berfikir secara reflektif, kritis, logis, sistematis, dan kreatif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Means Ends Analysis dengan Hasil Belajar siswa di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII G (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII I (sebagai kelas eksperimen). Metode pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikan = 0,269. Besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 2,068 dan didalam tabel interpretasi Cohen’s menyatakan persentase pengaruh sebesar 97%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:18
Last Modified: 30 Oct 2023 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41562

Actions (login required)

View Item View Item