NAFIS MELINDA, 12204193197 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (878kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Nafis Melinda, NIM. 12204193197, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Means Ends Analysis, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Hasil belajar siswa tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berfikir secara reflektif, kritis, logis, sistematis, dan kreatif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Means Ends Analysis dengan Hasil Belajar siswa di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII G (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII I (sebagai kelas eksperimen). Metode pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikan = 0,269. Besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 2,068 dan didalam tabel interpretasi Cohen’s menyatakan persentase pengaruh sebesar 97%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:18 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41562 |
Actions (login required)
View Item |