PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII MTsN 1 LAMONGAN

ASHLIHATUL FIRDAUSIYATUR RIZAL AF., 12204193187 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII MTsN 1 LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Lamongan” ini ditulis oleh Ashlihatul Firdausiyatur Rizal Af., NIM 12204193187, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Jigsaw, Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar Matematika Banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga siswa kurang berminat saat pembelajaran matematika. Hal tersebut terjadi karena kurangnya variasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh kerena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu memaksimalkan proses belajar siswa dalam pelajaran matematika khususnya. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokkan atau tim kecil. Dengan model jigsaw menjadikan siswa lebih aktif dan bertanggung jawab atas dirinya dan kelompoknya. Selain itu dengan bantuan lembar kerja peserta didik, siswa dapat melakukan kegiatan penyelidikan dan pemecahan masalah dalam materi sehingga tujuan pembelajaran dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat dan segitiga kelas VII MTsN 1 Lamongan tahun pelajaran 2022/2023 (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat dan segitiga kelas VII MTsN 1 Lamongan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Lamongan tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 15 kelas dengan total keseluruhan 487 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VII-L dengan 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-O dengan 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Lamongan. Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Sebelum menguji hipotesis terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar matematika siswa materi segiempat dan segitiga kelas VII MTsN 1 Lamongan (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Lamongan sebesar 0,8 dengan presentase 79% yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193187 ASHLIHATUL FIRDAUSIYATUR RIZAL AF.
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:54
Last Modified: 31 Oct 2023 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41602

Actions (login required)

View Item View Item