YUNITA SARI, 12211193048 (2023) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN QUIZIZZ DAN STAD PADA PEMBELAJARAN IPA DI MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (758kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran TGT Berbantuan Quizizz dan STAD Pada Pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar” ditulis oleh Yunita Sari, NIM. 12211193048, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc.. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, model pembelajaran TGT, Quizizz, model pembelajaran STAD Pada pelaksanaan pembelajaran IPA guru menerapkan pembelajaran konvensional. Guru juga menggunakan media powerpoint. Namun siswa merasa pembelajaran monoton dan kurang menarik. Siswa terlihat asik berbicara dengan teman semejanya, sibuk memainkan buku dan alat tulis, hingga tertidur saat pembelajaran berlangsung. Sehingga mengakibatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, model pembelajaran yang dapat memacu motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT dan STAD. Model pembelajaran TGT dengan Quizizz untuk membuat siswa lebih tertarik saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar, (2) mengetahui terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar, dan (3) mengetahui terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment tipe Non-equivalent Control Group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Kota Blitar tahun 2022/2023 berjumlah 360 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sehingga kelas VII-D berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F berjumlah 33 siswi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), dan uji analisis hipotesis (t-test dan MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,310>0,05. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Jadi motivasi dan hasil belajar antara model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz dan STAD pada pembelajaran IPA MTsN 1 Kota Blitar terdapat perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193048 YUNITA SARI |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 02:39 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41609 |
Actions (login required)
View Item |