EVI FITRIANI, 12208193033 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN STRATEGI MNEMONIK BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz dengan Strategi Mnemonik Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas VIII di MTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Evi Fitriani NIM. 12208193033, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Team Quiz, Strategi Mnemonik, Alat Peraga Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar yang pada mata pelajaran IPA. Siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPA khususnya materi sistem pernapasan ini sulit karena sifatnya masih abstrak. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk memudahkan dalam memahami materi. Oleh karena itu, peneliti memilih metode pembelajaran Team Quiz dengan Strategi Mnemonik. Metode Team Quiz merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menghidupkan suasana belajar, serta meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Team Quiz ini dapat dipadukan dengan strategi mnemonik. Strategi mnemonik membantu mengingat informasi dalam ingatan jangka panjang maupun ingatan jangka pendek, kemudian media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu alat peraga untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang masih bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Team Quiz dengan Strategi Mnemonik berbantuan alat peraga terhadap motivasi siswa materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar. 2) Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Team Quiz dengan Strategi Mnemonik berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar. 3) Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Team Quiz dengan Strategi Mnemonik berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan bentuk desain Nonequvalent Control Group Design. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Inependent Sample t-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Ada pengaruh metode pembelajaran team quiz dengan strategi mnemonik berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 dan thitung > ttabel atau 3,006 > 2,000. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran team quiz dengan strategi mnemonic berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05 dan thitung > ttabel atau 2,584 > 2,000. 3) Ada pengaruh metode pembelajaran team quiz dengan strategi mnemonic berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193033 EVI FITRIANI |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41625 |
Actions (login required)
View Item |