PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

MAINADOFAH, 2817123097 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DALAM.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Mainadofah, NIM. 2817123097, pembimbing Hj. Luluk Atirotu Zahroh S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Snowball Throwing, dan hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya problematika dalam pembelajaran PKn di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar salah satunya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa hal antara lain ada beberapa siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran PKn itu sulit dan anggapan ini rnenyebabkan rasa tidak suka terhadap mata pelajara PKn, metode yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian siswa, dan lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga Siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar menjadi dibawah KKM sekolah yaitu kurang dari 75. Dalam proses belajar mengajar selama ini hanya sebatas pada upaya menjadikan siswa mampu dan terampil mengerjakan soal-soal yang ada sehingga pelajaran yang berlangsung kurang bermakna dan terasa membosankan bagi siswa. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Dari uraian di atas, maka peneliti mengemukakan rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam mata pelajaran PKn peserta didik kelas V di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar ? (2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas V di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar ? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan mendeskripsikan penerapan hasil belajar PKn yang di peroleh peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing mata pelajaran PKn materi mengenal organisasi pada peserta didik kelas V di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar yang berjumlah 25 peserta didik. Titik tekan utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan yang kesemuanya dilakukan secara langsung di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan. Analisa data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni penguasaan materi mencapai 75% dari tujuan pembelajaran, dengan peserta didik yang memperolah nilai KKM 75 sebanyak 75% dari total peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing menggunakan struktur delapan tahap yaitu penyampaian kompetensi yang di capai, pembagian kelompok, menyiapkan kertas lembar kerja, penyampaian materi, pembagian selebaran kertas putih, proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, guru dan siswa menyimpulkan materi, dan siswa diberikan soal-soal pendalaman materi. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 71,28 (60%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 82,48 (80%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 11,2. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi mengenal organisasi siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123097 MAINADOFAH
Date Deposited: 05 Dec 2016 06:19
Last Modified: 05 Dec 2016 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item