Lutfi Aprilia Safitri, 1756144027 (2016) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN SE-TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (343kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh Kreativitas Mengajar dan Kemampuan Mengelola Kelas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN se-Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Aprilia Safitri dengan dibimbing oleh Dr. H. Abd.Aziz, M.Pd.I dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci:KreativitasMengajar, Kemampuan Mengelola Kelas, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah realita bahwa mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan bagi siswa, karena materi yang berisikan sejarah masa lalu dan selain itu metode pengajaran yang digunakan oleh guru juga kurang variatif, sehingga anak mudah bosan dan merasa tidak betah dikelas jika pelajaran sejarah kebudayaan Islam sedang berlangsung. Sehingga dibutuhkan kreativitas guru dalam mengajar serta ketrampilan guru dalam mengelola kelas supaya materi SKI bisa dengan mudah sampai pada siswa dengan suasana belajar yang kondusif.Karena salah satu factor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah factor dari guru, khususnya kreativitas guru dan ketrampilan guru dalam mengelola kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)apakah kreativitas mengajar guru SKI berpengaruh-signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se Tulungagung?; (2) apakahkemampuan guru SKI dalam mengelola kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung?; (3) apakah kreativitas mengajar dan kemampuan mengelola kelas guru SKI secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kreativitas mengajar guru SKI berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung; (2) untuk mengetahui kemampuan guru SKI dalam mengelola kelas berpengaruhterhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung; (3) untuk mengetahui kreativitas mengajar dan kemampuan mengelola kelas guru SKIsecara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan studi korelasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang studi sejarah kebudayaan Islamdi MAN se-Tulungagung.Populasi sebanyak 10 guru.Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Total, yaitu menjadikan populasi sebagai sampel karena jumlah populasi yang relatif kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket.Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan, regresi sederhana untuk uji t dan regresi berganda untuk uji F. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) kreativitas mengajar guru SKI berpengaruh signifikanterhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagungsebesar 95,5%; (2) kemampuan guru SKI dalam mengelola kelasberpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung yaitu sebesar 85,4%; (3) kreativitas mengajar dan kemampuan mengelola kelas guru SKI secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MAN se-Tulungagung sebesar 96,1%.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd.I 175614027 LUTFI APRILIA SAFITRI |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 07:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4166 |
Actions (login required)
View Item |