PENERAPAN METODE DISKUSI GROUP PADA PELAJARAN ILMU FIQIH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SANTRI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AMALIA FUADATUZ ZUHRO', 12201193119 (2023) PENERAPAN METODE DISKUSI GROUP PADA PELAJARAN ILMU FIQIH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SANTRI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (781kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB)

Abstract

Zuhro’, Amalia Fuadatuz. 2022. Penerapan Metode Diskusi Group pada Pelajaran Ilmu Fiqih untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Santri Pondok Pesantren Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Diskusi Group, Ilmu Fiqih, Kecerdasan Intelektual Santri (kemampuan menalar, memecahkan masalah, memahami gagasan, dan menggunakan bahasa). Pesantren salaf merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kurikulum yang khas di antaranya yaitu syawir atau diskusi menggunakan kitab kuning. Khazanah keilmuan juga amat banyak diantaranya adalah Ilmu Fiqih. Metode diskusi group adalah salah satu metode yang sangat digandrungi oleh sebagian besar santri berbasis salaf. Karena dengan metode ini terbukti bahwa kecerdasan intelektual santri dapat ditingkatkan. Tidak hanya sebagai wadah pertukaran informasi, namun juga wadah peningkatan kemampuan intelektual. Tujuan penelitian ini diantaranya: (1) Penerapan metode diskusi group pada pelajaran Ilmu Fiqih untuk meningkatkan kecerdasan intelektual santri Pondok Pesantren Ummul Khoir dalam bidang kemampuam menalar. (2) Penerapan metode diskusi group pada pelajaran Ilmu Fiqih untuk meningkatkan kecerdasan intelektual santri Pondok Pesantren Ummul Khoir dalam bidang memecahkan masalah. (3) Penerapan metode diskusi group pada pelajaran Ilmu Fiqih untuk meningkatkan kecerdasan intelektual santri Pondok Pesantren Ummul Khoir dalam bidang memahami gagasan. (4) Penerapan metode diskusi group pada pelajaran Ilmu Fiqih untuk meningkatkan kecerdasan intelektual santri Pondok Pesantren Ummul Khoir dalam bidang menggunakan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari ustadz/ustadzah madin, ketua madin, santri madin, serta pengurus Pondok Pesantren Ummul Khoir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi (waktu, dan sumber), serta pembahasan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Melalui diskusi group kecerdasan intelektual santri dalam bidang menalar dapat meningkat dengan cara diskusi kelompok kecil dan besar, santri akan melakukan pengaitan dan pengintegrasian jawaban berdasarkan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. (2) Kecerdasan intelektual santri dalam bidang memecahkan masalah akan meningkat dengan cara pengumpulan permasalahan yang akan dicarai ibarahnya secara mendalam, crosscheck, dan evaluasi soal HOTS sebagai pemantapan. (3) Meningkatkan kecerdasan intelektual dalam bidang memahami gagasan dilakukan santri dengan penguraian setiap lafat berbahasa Arab untuk mengetahui maksud yang terkandung dalam sebuah kalimat dan akan diuraikan berdasarkan pemahaman individu. (4) Melalui bertanya, menjawab, menyanggah, serta menjadi rois dalam sebuah diskusi group akan mampu menigkatkan kecerdasan intelektual santri dalam bidang menggunakan bahasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193119 Amalia Fuadatuz zuhro'
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:05
Last Modified: 03 Nov 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41681

Actions (login required)

View Item View Item