Implementasi Model Contekstual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa” (Studi Multisitus di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek)

ALIK TERZAGHI AL HAKIM, 1756144003 (2016) Implementasi Model Contekstual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa” (Studi Multisitus di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Abstrak dll.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kasus yang akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus diberbagai kalangan, yaitu tentang, posisi dan peran guru yang mengalami perubahan, otomatis peran guru semakin menyusut ditengah perubahan yang kian kompleks. Hal ini menuntut seorang guru untuk senantiasa melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pribadi maupun sosialnya. Usaha utama yang dapat dilakukan oleh guru adalah melalui pendekatan pembelajaran bagi para siswa. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut di atas, terdorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “Implementasi Model Contekstual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di MAN dan MA Raden Paku Trenggalek.” Sedangkan rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana guru PAI memberikan pembelajaran kepada siswa tentang fakta dan keterampilan di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek? (2) Bagaimana guru PAI memberikan pembelajaran kepada siswa tentang cara berfikir kritis dan kreatif di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran CTL untuk mengaktifkan siswa di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, sementara dalam pengumpulan data, diperlukan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran fakta dan keterampilan dalam CTL pada pelajaran PAI di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek sangat membantu siswa untuk lebih aktif di kelas dalam bertanya dan berkreasi, memahami materi, dan merumuskan kembali materi yang sudah dipahami. Dengan adanya pembelajaran fakta dan keterampilan ini akan meningkatkan keaktifan belajar siswa karena siswa dituntut untuk lebih agresif dan pro aktif. (2) Guru PAI memberikan pembelajaran kepada siswa tentang cara berfikir kritis dan kreatif di MAN Trenggalek dan MA Raden Paku Trenggalek juga sudah dijalankan dengan sistematis sesuai dengan rancangan yang telah dipersiapkan, respon dan umpan balik yang diberikan oleh siswa juga cukup antusias. (3) Faktor-faktor yang mendukung terhadap penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diantaranya adalah guru yang profesional, tujuan yang jelas dan lingkungan yang mendukung, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah sarana dan prasarana yang terbatas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isnan 174614025 isnan habib
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:00
Last Modified: 24 Jan 2017 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item