PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI REDOKS UNTUK KELAS XII MA

RIZQIATUS SALAMAH, 12212193114 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI REDOKS UNTUK KELAS XII MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (998kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Redoks untuk Kelas XII MA” ini ditulis oleh Rizqiatus Salamah, NIM. 12212193114, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: e-modul, inkuiri terbimbing, nilai-nilai keislaman, redoks. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai keislaman. Upaya tersebut memerlukan alat bantu berupa bahan ajar yang baik dan sesuai. Namun kenyataannya bahan ajar cetak yang digunakan dalam pembelajaran kimia materi redoks masih memiliki keterbatasan dan cenderung monoton, sehingga menyebabkan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep materi secara utuh. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar dalam format elektronik seperti e-modul sebagai sumber belajar mandiri, sehingga peserta didik dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran. Adanya pembelajaran terintegrasi nilai-nilai keislaman dapat membantu meningkatkan keimanan dan akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi redoks untuk kelas XII MA, (2) mengetahui validitas e-modul, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan dan karakteristik pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket peserta didik untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh dosen Tadris Kimia dan guru kimia MA Ma’arif NU Kota Blitar sebagai ahli materi dan ahli media. Sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 19 peserta didik kelas XII MIPA 1 MA Ma’arif NU Kota Blitar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa (1) produk modul elektronik (e-modul) berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi redoks untuk kelas XII MA. (2) E-modul telah dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media dengan persentase 81% dan 80%. (3) Adapun hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul berada pada kriteria baik dengan persentase 77%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi redoks.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193114 RIZQIATUS SALAMAH
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:55
Last Modified: 03 Nov 2023 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41701

Actions (login required)

View Item View Item