PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

TRIA NUR RAHMA, 12204193139 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas VII di MTsN 7 Tulungagung” ditulis oleh Tria Nur Rahma, NIM. 12204193139, pembimbing: Dr. Muniri, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tutor Sebaya (Peer Teaching), Pemahaman Matematis Rendahnya pemahaman matematis siswa dapat dilihat dari partisipasi siswa yang kurang dilibatkan pada proses pembelajaran untuk memahami konsep materi yang dipelajarinya, sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat kompleks. Dengan demikian, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan belajar siswa agar berhasil memahami konsep matematika. Salah satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan untuk bertanya kepada teman dan berpeluang untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap pemahaman matematis pada materi penyajian data siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap pemahaman matematis pada materi penyajian data siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis True Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest- only control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTsn 7 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 304 siswa dengan sampel penelitiannya kelas VII-A berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-D berjumlah 38 siswa sebagai kelas control yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes berupa posttest. Dalam analisis data menggunakan uji-t dan uji effect size cohen’s. Hasil penelitian ini diperoleh (1) berdasarkan perhitungan uji-t independent sample test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,037 < 0,05 dan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193139 TRIA NUR RAHMA
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:45
Last Modified: 06 Nov 2023 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41715

Actions (login required)

View Item View Item