STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK DI PAUD AR ROHMAH BALESONO

JALWA' JARODAH, 12206193019 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK DI PAUD AR ROHMAH BALESONO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jarodah, Jalwa’. 2023. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3–4 Tahun Melalui Permainan Tradisional Gedrik di PAUD Ar Rohmah Balesono. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata kunci: Strategi Guru, Motorik kasar, Permainan tradisional gedrik Permainan tradisional gedrik merupakan salah satu permaian untuk mengembangakn motorik kasar di Pendidikan Anak Usia Dini Ar Rohmah Balesono. Namun dalam praktiknya ada beberapa anak yang enggan melakukan kegiatan permainan tradisional tersebut, karena disebabkan oleh beberapa hal seperti anak kurang fokus ketika permainan berlangsung, karena permainan bertempat di outdoor maka anak fokus anak ketika permainan tradisional gedrik ini terpecah ada yang asyik bermain sendiri seperti berlari-lari, perosotan. Selain fokus anak yang terpecah adanya anak yang pemalu, jadi anak tidak mau menunjukkan aksinya di hadapan teman-teman dan guru. Sehingga dalam hal ini permainan belum sepenuhnya dikuasai oleh anak. Peneliti dalam hal ini ingin mengetahui bagaimana cara guru mengelola permainan ini menjadi permainan yang menyenangkan dan bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah; 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan permainan tradisional gedrik dalam mengembangkan motorik kasar di PAUD Ar Rohmah Balesono. 2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan permainan tradisional gedrik dalam mengembangkan motorik kasar di PAUD Ar Rohmah Balesono. 3)Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan tradisional gedrik di PAUD Ar Rohmah Balesono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif diperoleh berupa kata-kata yang kemudian dideskripsikan dan interpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian dari skripsi ini adalah 1)Perencanaan guru untuk mengembangkan motorik kasar anak melalui permainan gedrik adalah membuat RPP rancangan program pembelajaran, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, dan target perkembangannya sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. 2)Pelaksanaan permainan tradisional gedrik untuk mengembangkan motorik kasar yaitu pola gedrik yang digunakan adalah bentuk palang merah atau pesawat, guru selalu memantau anak ketika permainan berlangsung, selain itu guru selalu mengupayakan untuk mengaktifkan motorik kasar anak, dan motorik kasar anak yang tersentuh yaitu melompat, menjaga keseimbangan, meloncat dengan 1 kaki. 3)Evaluasi guru terhadap pengembangan motorik kasar melalui permainan tradisional gedrik yaitu guru memberikan stimulasi lebih kepada anak yang belum menguasai motorik kasar, evaluasi pembelajaran diadakan 3 bulan sekali yang dihadiri oleh orang tua, terdapat beberapa kendala dan solusi dari penggunaan permainan tradisional gedrik, ada pula faktor penghambat dan pendukung ketika memainkan permainan tradisional gedrik, guru selalu memberikan pujian ketika anak selesai melakukan tugasnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193019 JALWA' JARODAH
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:11
Last Modified: 06 Nov 2023 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41733

Actions (login required)

View Item View Item