PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ROIS MUZAYYANA, 12204183228 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Rois Muzayyana, NIM. 12204183228, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : media audiovisual, hasil belajar, relasi dan fungsi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah. Proses pembelajaran yang berlangsung cenderung monoton dan kurang menarik menyebabkan siswa tidak fokus dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah penggunaan media audiovisual. Media audiovisual yang dapat menggabungkan unsur gambar dan suara dijadikan perantara dalam menyampaikan materi agar lebih menarik bagi siswa. Media audiovisual juga dapat membantu siswa dalam memahami materi tidak hanya di sekolah, tetapi juga dapat diputar ulang dari mana saja dan kapan saja sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di SMPN 2 Sumbergempol; dan 2) Mengetahui besar pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di SMPN 2 Sumbergempol. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Post Test Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis dengan uji-t dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di SMPN 2 Sumbergempol dengan nilai signifikan sebesar 0,025; dan 2) Besar pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di SMPN 2 Sumbergempol adalah 73% dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183228 ROIS MUZAYYANA
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:20
Last Modified: 07 Nov 2023 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41755

Actions (login required)

View Item View Item