PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

FITRI NUR JANAH, 12209193109 (2023) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan Blitar” yang ditulis oleh Fitri Nur Janah, NIM. 12209193109. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kedisiplinan yang terdapat di MTs Darussalam Kademangan Blitar seperti pertama, saat kegiatan pembelajaran terdapat siswa yang masih belum menerapkan kedisiplinan seperti makan dikelas pada saat kegiatan pembelajaran, berdiskusi dengan teman sebangku pada saat guru menerangkan, mencontek buku pada saat ulangan harian, mengerjakan PR mata pelajaran lain pada saat kegiatan pembelajaran, membolos pergi ke kantin saat guru berhalangan tidak hadir, dan tidur saat kegiatan pembelajaran. Kedua, sebagian siswa tidak menaati peraturan yang ditetapkan oleh madrasah seperti tidak menggunakan atribut secara lengkap, menggunakan sepatu yang tidak hitam, terlambat datang ke madrasah dan berkata kasar atau tidak sopan kepada guru dan temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kedisiplinan Pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan Blitar? Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex- post facto. Metode pengumpulan data mengenai kedisiplinan pada penelitian ini menggunakan angket. Untuk memperoleh data mengenai hasil belajar pada penelitian ini menggunakan raport semester ganjil. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan Blitar, berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung > ttabel sebesar (2,635 > 1,674) dan nilai signifikansi 0,011 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193109 FITRI NUR JANAH
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:49
Last Modified: 07 Nov 2023 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41767

Actions (login required)

View Item View Item