PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016

VERA MISKA YULIANA, 2814123029 (2016) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER VERA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Vera Miska Yuliana, NIM. 2814123029, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pengaruh, Kecerdasan Logis Matematis, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kecerdasan dan minat belajar. Gagne dalam teori multiple intelegence mengungkapkan bahwa manusia mempunyai delapan tipe kecerdasan. Kecerdasan logis matematis adalah satu dari kedelapan tipe kecerdasan menurut teori tersebut. Kecerdasan logis matematis memuat kemampuan seseorang dalam berfikir secara induktif dan deduktif, berfikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berfikir. Siswa semacam ini cenderung menyukai aktifitas berhitung. Sedangkan minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara kecerdasan logis matematis dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa di MTsN 2 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatis dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi. Tes untuk memperoleh data kecerdasan logis matematis dan hasil belajar, angket untuk memperoleh data minat belajar siswa. Sedangkan dokumentasi untuk menggali data tentang populasi, sampel dan dokumen madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Berdasarkan nilai thitung = 3,314 > ttabel 5% = 1,70814. (2) Tidak ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Berdasarkan nilai thitung=1,397 < ttabel 5% = 1,70814. (3) Ada pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Berdasarkan nilai Fhitung = 7,174 > Ftabel 5% = 3,440 dengan R square sebesar 0,395. Dengan demikian, tingkat hubungan kecerdasan logis matematis dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123029 VERA MISKA YULIANA
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:16
Last Modified: 08 Dec 2016 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

View Item View Item