PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

KASYFU WILDA MAZIATUL AULIYA, 12201193236 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Kasyfu Wilda Maziatul Auliya, NIM 12201193236, program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Musrikah, S. Pd.I, M. Pd. Kata kunci: Mind Mapping, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Saat ini, peserta didik selain dituntut untuk memiliki hasil belajar yang baik tetapi juga dituntut untuk berpikir kreatif agar dapat bersaing dimasa yang akan datang. Namun seringkali guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah. Maka dari itu, diperlukan metode pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, salah satunya adalah metode mind mapping. Metode mind mapping merupakan cara termudah untuk memasukkan informasi kedalam otak dan mengeluarkannya ketika dibutuhkan. Sehingga metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata belajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata belajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada mata belajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian dilakukan di MTsN 6 Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII E dan kelas VIII J. Kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 30, sedangkan kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 30. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Dokumentasi untuk memperoleh data peserta didik untuk kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 21.0 dengan uji Independent Sample T-test, uji Cohen’s, dan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian ini: 1) ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 11,738 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti thitung > ttabel 11,738 > 2,000 dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. 2) ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 11,609 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti thitung > ttabel 11,609 > 2,000 dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. 3) ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 6 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193236 KASYFU WILDA MAZIATUL AULIYA
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:46
Last Modified: 29 Nov 2023 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41782

Actions (login required)

View Item View Item