PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG

KARINA DIYANITA, 12205193181 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung” ini ditulis oleh Karina Diyanita, NIM. 12205193181, pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah masalah ketika pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru dan siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Oleh karena itu, diperlukannya model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar di kelas. Penelitian ini menghubungkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDIT Al-Asror ringinpitu Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskriptif model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas yang ada di SDIT Al-Asror Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah kelas IV dengan pengambilan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis uji statistik deskriptif memperoleh rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen adalah 44,89 sedangkan, rata-rata pada kelas kontrol adalah 42,11 dan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 84,58 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 76,47. (2) Hasil analisis uji Independent Sample t-test minat belajar siswa memperoleh nilai Sig.(2-tailed) mencapai 0,000 <0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Hasil analisis uji Independent Sample t-test hasil belajar siswa memperoleh nilai Sig.(2-tailed) mencapai 0,006 <0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. (4) Hasil analisis uji manova memperoleh nilai signifikansi mencapai 0,000<0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193181 KARINA DIYANITA
Date Deposited: 09 Nov 2023 05:23
Last Modified: 09 Nov 2023 05:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41825

Actions (login required)

View Item View Item