NAILA ROHMATAL AINI, 12211173026 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 menjadi masalah serius yang mempengaruhi kegiatan sehari-hari khususnya pada kegiatan belajar mengajar. Guru dan peserta didik tidak dapat bertemu secara langsung untuk melaksanakan kegiatan, hal ini membuat guru tidak bisa mengontrol kelas dengan baik sehingga peserta didik tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peserta didik yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang selalu online membuat peserta didik tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik tidak begitu memahami materi yang telah disampaikan. Maka dari itu setelah kegiatan pembelajaran sudah berlangsung secara langsung, guru memerlukan suatu model pembelajaran yang dapat memancing keaktivan peserta didik. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap motivasi belajar dan juga hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan mata pelajaran IPA Terpadu kelas VIII dengan materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True eksperiment. Pendekatan ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII putri dengan sampel penelitian kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik purpoive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil posttest dan penyebaran angket motivaasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini beruma uji instrument yang berupa uji validitas dan uji reliabelitas, uji prasyarat yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yang berupa uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Adanya pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dengan perolehan t-hitung > t-tabel yaitu 7,824 > 1,990 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dengan perolehan t-hitung > t-tabel yaitu 11,370 > 1,990 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Adanya pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII secara bersama-sama pada materi getaran dan gelombang di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Fisika terapan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211173026 NAILA ROHMATAL `AINI |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 02:04 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41860 |
Actions (login required)
View Item |