PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG

LIKA ROHMAWATI, 12204193136 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung” ditulis oleh Lika Rohmawati, NIM 12204193136, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dra. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci : model pembelajaran Scramble berbasis STEAM, pemahaman konsep matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dalam matematika. Kurangnya kegiatan pengajaran yang bermakna memungkinkan siswa kurang mampu dalam memahami konsep. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika tidak hanya dipengaruhi dari kemampuan siswa sendiri namun didukung oleh faktor guru dan model pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model pembelajaran Scramble berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbasis STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi penyajian data kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung. 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Scrambel berbasis STEAM terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi penyajian data kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah 298 siswa dengan 8 kelas tingkat kelas VII. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Scramble berbasis STEAM dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik penentuan sampel adalah dua kelas yang memiliki kemampuan sama dilihat dari hasil tes UTS dan UAS. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII B yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII C yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Independent Sample T-test dan uji Effect Size Cohen’ s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Scramble berbasis STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal ini dilihat dari

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193136 LIKA ROHMAWATI
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:55
Last Modified: 06 Dec 2023 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41878

Actions (login required)

View Item View Item