PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM KOLOID

INDAH FIQROTUL MAULIDIYAH, 12212183055 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM KOLOID. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid” ini ditulis oleh Indah Fiqrotul Maulidiyah, NIM. 12212183055, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kurikulum 2013 menuntut tercapainya kemandirian, pemahaman, keterampilan dan karakter peserta didik. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Upaya tersebut memerlukan alat bantu berupa bahan ajar yang baik dan sesuai. Namun kenyataannya bahan ajar cetak yang digunakan dalam pembelajaran kimia materi sistem koloid masih memiliki keterbatasan sehingga menyebabkan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep secara utuh. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar dalam format elektronik seperti e-modul sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik sehingga dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran serta memahami konsep materi sistem koloid secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid, mengetahui validitas e-modul, serta mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D), dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Intrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket peserta didik untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk dan karakteristik peserta didik, serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia sebagai ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi sains dalam al-qur’an. Sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 17 peserta didik kelas XI SMA Nurul Muttaqin Tlogowaru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa modul elektronik (e-modul) berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid. E-modul tersebut telah dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi, ahli media dengan persentase berturut turut 93,6% dan 95,3%. Adapun hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul berada pada kriteria sangat baik dengan persentase 85,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi sistem koloid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183055 INDAH FIQROTUL MAULIDIYAH
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:44
Last Modified: 13 Nov 2023 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41893

Actions (login required)

View Item View Item