CICI SINTA WIDIASARI, 12207193078 (2023) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM I DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Islam 1 Durenan" di tulis oleh Cici Sinta Widiasari, NIM 12207193078. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sukarji, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Pendidikan, Penerimaan Peserta Didik Baru Penelitian ini dilakukan di SMK Islam 1 Durenan mengingat sekolah ini memiliki keunggulan dan banyak pilihan bidang keahlian yang memiliki mitra kerja dari berbagai industri. Selain itu sekolah memiliki strategi pemasaran pendidikan yang berkualitas setiap tahunnya untuk memikat para calon peserta didik baru sehingga dapat meningkatkan penerimaan peserta didik baru. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru. (2) Bagaimana implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru. (3) Bagaimana evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru. (4) Bagaimana tindak lanjut pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, ketekunan pengamatan, serta diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan PPDB di SMK Islam 1 Durenan dengan: a) Pada rapat awal tahun pelajaran yang dipimpin oleh kepala sekolah, b) Pembentukan tim, c) Penyusunan bahan promosi, d) Menetapkan sasaran/target pemasaran pendidikan. (2) Implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di SMK Islam 1 Durenan dilaksanakan oleh a) Penyebaran menggunakan alat atau media promosi dengan memperlihatkan program unggulan, ciri khas, dan sarana prasarana penunjang proses pembelajaran, b) Pengenalan program-program yang telah diformulasikan, (3) Evaluasi ini tidak hanya dilakukan oleh kepala sekolah dengan diadakannya rapat, evaluasi juga dilakukan oleh setiap tim PPDB dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan agar berjalan secara efektif dan efisien. (4) Tindak lanjut yang dilakukan diantaranya yaitu promosi dan sosialisasi. Dikarenakan daya saingnya masih berstandartkan sekolah swasta, seleksi penerimaan peserta didik baru semuanya diterima selama masih memenuhi persyaratan. Hasil pelaksanaan dari strategi pemasaran di SMK Islam 1 Durenan sudah berjalan dengan baik serta mengalami peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Pendidikan Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193078 CICI SINTA WIDIASARI |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41915 |
Actions (login required)
View Item |