STRATEGI PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN DALAM PERSPEKTIF DAKWAH (Study Kasus Pembinaan Citizen Journalism Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Pasuruan Periode 2018-2019)

UMI SANIYATUL ISRO’IYAH, 17304153019 (2023) STRATEGI PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN DALAM PERSPEKTIF DAKWAH (Study Kasus Pembinaan Citizen Journalism Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Pasuruan Periode 2018-2019). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Rencana pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan sesuai dengan aturan PERMENKOMINFO NO. 8 tahun 2010 adalah membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diseluruh desa di wilayah Kabupaten Pasuruan. Rencana yang sudah disusun adalah menjadikan anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai jurnalis warga (citizen journalism) dalam mencapai masyarakat informasi di wilayah pedesaan. Penelitian ini akan mengungkapakan strategi pembinaan dan pemberdayaan yang digunakan dalam mencapai masyarakat Informasi. Peneliti juga akan mengungkapkan implementasi nilai dakwah yang secara implisit tersirat pada pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan study kasus mengenai proses pembinaan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan. kemudian data-data yang terkumpul diolah dan dianalisa dengan teori Strategi Komunikasi milik Rogers. Hasil olahan data menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan dalam pembinaan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah strategi Komunikasi. Adapun strategi komunikasi yang digunakan adalah pelatihan fotografi, jurnalistik, pembuatan blog, reportase dan lain sebagainya. Dari berbagai pelatihan yang sudah dilakukan menunjukkan keberhasilan dan tercapainya tujuan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan dalam menjadikan masyarakat Pasuruan melek informasi dan menjadi network society untuk internal ke eksternal masyarakat ataupun sebaliknya. Kemudian, peneliti melihat implementasi nilai dakwah didalamnya mencakup kategori dakwah pemberdayaan masyarakat, dakwah kelembagaan, dakwah bil-hal serta dakwah bil-qolam. Kata kunci: strategi, pembinaan, pemberdayaan, dinas komunikasi dan Informatika, Pasuruan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 17304153019 UMI SANIYATUL ISRO'IYAH
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:20
Last Modified: 14 Nov 2023 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41919

Actions (login required)

View Item View Item