DIAGNOSIS FRAGMENTASI STRUKTUR KOGNITIF SISWA BERDASARKAN FIELD-DEPENDENT (FD) DAN FIELD-INDEPENDENT (FI) PADA MATERI PERSAMAAN EKSPONENSIAL SMKI SUNAN KALIJAGA PONDOK NGUNUT TULUNGAGUNG

DHONNY PRASETYA KUSUMAJATI, 12851221007 (2023) DIAGNOSIS FRAGMENTASI STRUKTUR KOGNITIF SISWA BERDASARKAN FIELD-DEPENDENT (FD) DAN FIELD-INDEPENDENT (FI) PADA MATERI PERSAMAAN EKSPONENSIAL SMKI SUNAN KALIJAGA PONDOK NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “Diagnosis Fragmentasi Struktur Kognitif siswa berdasarkan Field-Independent (FI) dan Field-Dependent (FD) pada Materi Persamaan Eksponensial di SMKI Sunan Kalijaga Pondok Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Dhonny Prasetya Kusumajati dengan pembimbing Dr. Munir, M.Pd dan Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Proses Berpikir, Ingatan, Fragmentasi, Struktur Kognitif, Gaya Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi akibat adanya kesulitan siswa dalam belajar matematika terlihat ketika siswa mengerjakan soal atau memecahkan masalah. Kurangnya pemahaman konsep membuat siswa kesulitan untuk memecahkan masalah atau ketika guru mengubah bentuk pertanyaan contoh dengan pertanyaan yang lain. Dalam hal ini, kurangnya keterkaitan antara konsep baru dengan konsep yang dipelajari sebelumnya adalah salah salah satu faktor penyebab kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika matematika. Penelitian ini memiliki fokus penelitian/rumusan masalah berupa, bagaimana fragmentasi struktur kognitif siswa FI dan FD pada materi persamaan eksponensial, apa jenis fragmentasi yang sering terjadi pada struktur kognitif siswa FI dan FD, serta, adakah kesamaan karakteristik antar jenis fragementasi struktur kognitif siswa berdasarkan gaya kognitif pada materi persamaan eksponensial. Sedangkan, tujuan penelitian ini adalah mendiagnosis fragmentasi struktur kognitif siswa FI dan FD, mengamati jenis fragmentasi yang banyak terjadi, serta mengamati suatu irisan atas kesamaan karakteristik fragmentasi struktur kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan peneliti sebagai istrumen utama. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa pretest (GEFT), posttest, pedoman wawancara, dan lembat observasi. Kemudian, data dianalisis menggunakan metode spiral Craswell, dengan pengecekan keabsahan data berupa ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, 1) Siswa FI mengalami fragmentasi berdasarkan penyelesaian masalah polya berupa, pada tahap memahami masalah siswa FI mengalami pseudo, merencanakan strategi mengalami pseudo dan lubang konstruksi, melaksanakan strategi mengalami pseudo, lubang konstruksi, kesalahan berpikir analogis, dan logis, serta pengecekan kembali tidak mengalami fragmentasi. 2) Siswa FD mengalami fragmentasi berdasarkan penyelesaian masalah polya berupa, pada tahap memahami masalah mengalami pseudo, merencanakan strategi mengalami pseudo dan lubang konstruksi, melaksanakan strategi mengalami pseudo, lubang konstruksi, dan kesalahan berpikir analogis, serta pengecekan kembali mengalami kesalahan berpikir logis. 3) Jenis fragmentasi yang sering muncul pada siswa FI dan FD adalah pseudo dalam tahap memahami masalah dan melaksanakan strategi sebanyak 6 kali, serta fragmentasi lubang konstruksi sebanyak 6 kali dalam tahap melaksanakan strategi. 2) karakteristik fragmentasi struktur kognitif siswa FI dan FD relatif sama, namun yang membedakan adalah bagaimana siswa memberikan respon atas fragmentasi yang terjadi padanya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Psikologi > Psikologi kognitif
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221007 DHONNY PRASETYA KUSUMAJATI
Date Deposited: 14 Dec 2023 05:45
Last Modified: 14 Dec 2023 05:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item