KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL

BAGUS SETIAWAN, 12201183408 (2023) KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Era Digital” ditulis oleh Bagus Setiawan, NIM. 12201183408, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci : Konsep Pendidikan dan Implikasinya,Pendidikan Agama Islam Era Digital Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tantangan modernisasi yang terjadi layaknya seperti masa sekarang yang serba digital. pendidikan memiliki fungsi dan tujuan dalam membentuk karakter/kepribadian peserta didik. Tentunya hal ini merupakan perihal yang serius, sebab menyangkut masa depan bangsa. Generasi saat ini merupakan pemimpin bangsa di masa depan. Buah pemikiran dari Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa, pendidikan yang dilakukan semata-mata untuk upaya membentuk karakter pada generasi penerus di masa depan. Walaupun upaya yang dilakukan beliau dikala itu tidaklah mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah konsep pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara? 2) Bagaimanakah implikasi konsep pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara pada Pendidikan Agama Islam dalam era digital? Penelitian ini menggunakan metode dalam bentuk deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysys (analisis isi) dengan pendekatan kepustakaan, yakni dengan menyajikan informasi dari isi (content) berbagai literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara merupakan konsep belajar yang memerdekakan peserta didik. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara didasarkan dari sifat bawaan peserta didik yaitu, cipta, rasa, dan karsa. Kedua, konsep pendidikan dalam pandangan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Agama Islam saling berkaitan. Konsep belajar yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara tidak bertentangan dengan Pendidikan Agama Islam. Ketiga, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan bagi generasi era digital, menjadi perhatian bersama untuk memandang tugas pendidikan adalah tugas dan kewajiban bersama. Penanaman karakter dalam pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui pengajaran, pembiasaan, keteladanan, paksaan, dan hukuman yang mendorong dan membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183408 BAGUS SETIAWAN
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:05
Last Modified: 23 Nov 2023 01:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41951

Actions (login required)

View Item View Item