PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MIPA MAN 2 TULUNGAGUNG

IIN FASHA NIHAYATI, 12212183041 (2023) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MIPA MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (797kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan E-Modul Berbasis Multipel Representasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Iin Fasha Nihayati (12212183041) Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ifah Silfianah, M. Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Motivasi dan Hasil Belajar Kurangnya motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa dapat disebabkan oleh kegiatan belajar mengajar yang terkesan monoton hanya dengan menerima ceramah dari guru dan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif di dalam proses pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar siswa menyebabkan siswa tidak mendapat pemahaman materi yang cukup sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Proses pembelajaran dapat divariasi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan bahan ajar e-modul berbasis multipel representasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan e-modul berbasis multipel representasi terhadap motivasi belajar siswa dalam materi ikatan kimia, (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan e-modul berbasis multipel representasi terhadap hasil belajar siswa dalam materi ikatan kimia, dan (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan e-modul berbasis multipel representasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Varibel bebasnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dan metode angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, d an uji hipotesis yaitu uji t dan uji MANOVA. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa (1) Uji hipotesis pertama nilai sig. (2-tailed) 0,031 < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan e-modul berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. (2) Uji hipotesis kedua menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,017. Data tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan e-modul berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. (3) Uji hipotesis 3, diperoleh hasil yaitu nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 atau 0,008 < 0,05, maka dapat disimpulkan hasil hipotesis ketiga yaitu ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan e-modul berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183041 IIN FASHA NIHAYATI
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:15
Last Modified: 17 Nov 2023 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42011

Actions (login required)

View Item View Item