PENERAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF DI RA ISTIQOMATURROHMAH

ISNAINI ROSIDA, 12206193043 (2023) PENERAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF DI RA ISTIQOMATURROHMAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Rosida, Isnaini. 2023. Penerapan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif di RA Istiqomaturrohmah. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Penerapan, Pendekatan Saintifik, Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keunggulan di RA Istiqomaturrohmah yaitu penerapan kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sejak tahun 2015 dan telah berhasil membuktikan bahwa pembelajaran berbasis pendekatan saintifik mampu menstimulasi kemampuan kognitif dengan baik. Fokus penelitian pada skripsi ini diantaranya adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah?. 2) Bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah?. 3) Bagaimana capaian perkembangan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah?. Tujuan penelitian pada skripsi ini diantaranya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana capaian perkembangan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di RA Istiqomaturrohmah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis yang digunakan studi kasus, teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan pemeriksaan teman sejawat, triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran saintifik di RA Istiqomaturrohmah disesuaikan dengan kondisi dan potensi daerah sekitar, penyusunan perangkat pembelajaran direncanakan sebelum pergantian ajaran baru, guru merencanakan pembelajaran menggunakan langkah pendekatan saintifik meskipun langkah pendekatan saintifik tidak tercantum lengkap dalam dokumen rencana pembelajaran, direncanakan menggunakan 4 model sentra yaitu persiapan, alam, main pembangunan, dan loose part, penggunaan media pembelajaran memanfaatkan bahan sekitar dan media loose part. 2) implementasi pembelajaran saintifik di RA Istiqomaturrohmah pada kegiatan pembuka terdapat kegiatan meditasi, langkah-langkah pembelajaran saintifik diterapkan untuk mendukung perkembangan kognitif, langkah-langkah pembelajaran saintifik disesuaikan dengan panduan pelaksanaan pembelajaran saintifik, pembelajaran saintifik menggunakan model sentra, menggunakan penilaian checklist, hasil karya dan catatan anekdot. 3) capaian perkembangan pembelajaran saintifik di RA Istiqomaturrohmah menggunakan indikator penilaian perkembangan peserta didik menggunakan skala capaian perkembangan berkembang sangat baik (BSB), berkembang sesuai harapan (BSH), mulai berkembang (MB), dan belum berkembang (BB).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193043 ISNAINI ROSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:53
Last Modified: 21 Nov 2023 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item View Item