MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI MAN 3 BLITAR

RETNO WAHYUNI, 12207193034 (2023) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di MAN 3 BLITAR” ditulis oleh Retno Wahyuni, NIM: 12207193034. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd Kata Kunci: MPMBS, Peningkatan Mutu, Kepuasan Pelanggan. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah atau yang sering disebut dengan MPMBS adalah suatu kegiatan pengelolaan yang dilimpahkan kepada madrasah untuk mengatur segala sumber daya dan potensi yang ada di dalam sekolah. MPMBS ini merupakan pemberian desentralisasi yang diberikan pemerintah untuk sekolah atau madrasah untuk menentukan kebijakannya sendiri yang dapat dipertanggung jawabkan kepada pemerintah. MPMBS ini tidak serta merta berdiri sendiri namun tetap dalam arahan dan pengontrolan dari pihak pemerintah. Dalam pelaksanaan MPMBS ini melibatkan berbagai pihak yaitu dari pemerintah, warga sekolah atau madrasah, dan juga masyarakat. Di MAN 3 BLITAR ini merupakan salah satu madrasah yang menerapkan MPMBS hal ini dapat dilihat dari kebijakan serta produk program yang dihasilkan, dimana dalam menerapkan MPMBS ini madrasah ingin mencapai kualitas mutu yang lebih baik lagi. Dari pelaksanaan MPMBS ini diharapkan mampu membawa MAN 3 BLITAR menjadi madrasah yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing dengan madrasah lainnya, dan juga untuk memuaskan para pelanggan dengan mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang ada di MAN 3 BLITAR. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 3 BLITAR. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 3 BLITAR. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 3 BLITAR. 4) Untuk mendeskripsikan tindak lanjut kegiatan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MAN 3 BLITAR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu di MAN 3 BLITAR. Sumber data yang diambil dari kepla madrasah, waka kurikulum, guru, peserta didik, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dnegan mengadakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terdiri dari: (a) Perencanaan kurikulum menggunakan kurikulum merdeka dan juga kurikulum 2013. (b) Perencanaan pengelolaan dengan merencanakan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan juga Rencana Kerja Tahunan (RKT). (c) Perencaan penilaian meliputi penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), dan juga perencanaan KI/KD (Kompetensi Dasar). (d) Perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yaitu terkait standar kualifikasi dan juga perencanaan pengadaan program lanjutan bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum tersertifikasi agar meningkatkan kualitas para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. (e) Perencanaan standar pembiayaan meliputi besaran pembayaran yang akan ditetapkan madrasah untuk peserta didik. (f) Perencanaan sarana prasarana ini meliputi perencanaan pengadaan alat habis pakai. 2) Perencanaan peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terdiri dari: (a) Pelaksanaan kurikulum merdeka dan K13. (b) Pelaksanaan standar proses menerapkan RPP dan silabus pembelajaran. (c) Pelaksanaan standar pengelolaan yaitu pengelolaan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), ekstrakulikuler, dan pembinaan prestasi. (d) Pelaksanaan standar tenaga pendidik dan kependidikan yaitu merekrut tenaga pendidik dan kependidikan minimal S1, izin studi lanjutan, melakukan pembinaan-pembinaan yang intensif untuk tenaga pendidik yang baru. (e) Pelaksanaan standar sarana dan prasarana meliputi pengadaan kelas, pengadaan gedung serbaguna, adanya fasilitas penunjang seperti lapangan voli dan sepak bola. (f) Pelaksanaan standar penilaian meliputi tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap,aspek keterampilan, dan juga aspek spiritual. (g) Standar kompetensi lulusan berupa penilaian pada aspek pengetahuan, aspek sikap, aspek keterampilan, dan juga aspek spiritual. 3) Evaluasi peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terdiri dari: (a) Evaluasi dilihat dari 2 aspek yaitu evaluasi proses dan juga evaluasi hasil. (b) Evaluasi proses menyangkut bagaimana para siswa MAN 3 BLITAR aktif dalam melakukan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dibidang akademik maupun non akademik. Seperti dilakukannya tes atau ulangan pada setiap bab dan juga setiap akhir mata pelajaran. (c) Evaluasi hasil dapat diukur dengan melihat perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik dan juga dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat baik dalam bidang akademik maupun non akademik. 4) Tindak Lanjut peningkatan mutu berbasis sekolah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terdiri dari: (a) Perbaikan program dengan menyusun kembali kurikulum yang digunakan, guru mapel menyusun silabus yang akan digunakan untuk mengajar. (b) Melakukan pengadaan sarana dan prasarana. (c) Melakukan perencanaan kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193034 RETNO WAHYUNI
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:10
Last Modified: 21 Nov 2023 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42088

Actions (login required)

View Item View Item